Penggunaan Game untuk Menciptakan Suasana Menyenangkan dalam Konseling Kelompok Siswa SMAN 20 Pangkep

Sarwani Sarwani(1*), Sulaiman Samad(2), Rosmini Amin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 13 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i1.30893

Abstract


Penggunaan Game untuk Menciptakan Suasana Menyenangkan dalam Konseling Kelompok pada Siswa Kelas X MIA 2 SMA Negeri 20 Pangkep” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom actioan research ) yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dalam konseling kelompok dengan memberikan game pada siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 20Pangkep. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2020/2021 dengan lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 20Pangkep dimana subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MIA 2 yang berjumlah2 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus melalui dengan masa perencanaan, observas dan penilaian hasil. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan angket dengan data pre test dan post tes. Hasil penelitian menunjukan aspek afektif, baik pada siklus I maupun siklus II Konseli (siswa) memiliki perasaan yang positif terhadap pelaksanaan konseling kelompok di buktikan semua siswa merasa yakin bahwa konseling kelompok bisa membantu memecahkan masalah, di samping itu mereka juga merasakan suasana yang menyenangkan karena adanya game dalam konseling kelompok. Dari aspek kognitif, siswa memiliki pemahaman baru tentang tujuan konseling kelompok, pentingnya menciptakan dinamika kelompok, pentingnya menjaga suasana hangat. dan perlunya mengambil keputusan dan tindak lanjut. Dari aspek psikomotorik, pada siklus I tidak semua siswa bisa menjalankan keputusan konseling, masih ada yang datang terlambat, membolos. Tidak mengerjakan PR, tidak ikut try out, tidak les, sering alpa. Namun setelah siklus II semua konseli sudah bisa melaksanakan keputusan yang di simpulkan dalam konseling kelompok .

 

 


Keywords


Konseling Kelompok, Game, Suasana Menyenangkan

Full Text:

PDF

References


Akib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung : Yrama Widya

Dinas pendidikan. 2006. Program Pengembangan Diri Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Dikmenum

-----------------------. 2002. Panduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi . Jakarta: Dikmenum

Dwi Nita . 2008. Game Edukasi .BeritaNet.com, 23 Nopember, 2008 ,10:32:00)

Jamil.S,dkk.2008. 100 game kreatif. Yogyakarta: Gradien Mediatama.

Kurnanto,E. 2013. Konseling Kelompok. Bandung. Alpabeta.

Lengkong.P,dkk, 2008. Koleksi Games Seru. Yogyakarta: Indonesia Cerdas

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling kelompok ( Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ririn .2008. Pemanfaatan game dalam pendidikan anak (makalah). Yogyakarta

Suwarjo. 2010. 55 Permainan dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta. Paramitra Publishing

Umar.A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Makassar. UNM

Utumo.B.2009.Penggunaan game edukasi untuk menciptakan suasana menyenangkan dalam konseling kelompok pada siswa kelas IX.1. Yokyakarta

Zaenudin . 2009. Pelayanan Konseling Dalam KTSP. Jakarta : P4TK

------------ . 2009. Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pelayanan Konseling . Jakarta : P4TK.


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar