Teknik Dispute Kognitif dengan Menggunakan Pendekatan REBT dalam Mengatasi Kemalasan Mengerjakan Tugas pada Siswa

Andi Supardi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v2i2.27672

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik dispute kognitif dengan menggunakan pendekatan Ratoinal-Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi kemalasan mengerjakan tugas pada siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri Satap 16 Barru melalui layanan konseling kelompok. Setelah mengikuti pelaksanaan layanan konseling kelompok, konseli mampu membuat perencanaan. Perencanaan tindakan yang dibuat berupa rencana yang sederhana, dapat dicapai, terukur, segera, dan terkendali oleh konseli. Sehingga mampu meningkatkan motivasi dalam mengerjakan tugas-tugas belajarnya dan masalah yang dihadapi oleh konseli bisa terbantu teratasi

Keywords


Group Counseling; Cognitive Dispute Techniques; REBT Approach

Full Text:

PDF

References


Achmad Juntik, (2009) Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling, Bandung:Refika Aditama

Ali, M. dan Asrori, M. (2012). Psikologi remaja, perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.

Aqib, Z. (2011). Penelitian tindakan kelas. Yrama Widya

Corey, G. (2007). Teori praktik konseling dan psikoterapi. Terjemahan E. Koeswara). Refika Aditama.

Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1), 40-60.

Komalasari, G. (2011). Teori dan Tehnik konseling. Indeks.

Nielsen et.al. 2001. Counseling and Psychotherapy With Religious Persons : A Rational Emotive Behavior Therapy Approach. London : Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Santrock, J. W. (2007). Adolescense: Perkembangan remaja (edisi keenam ). Erlangga.

Sardiman. 2007a. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar