Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid-19 melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC)

Mukhsinah Saleh(1*), Abdul Saman(2), Saniasa Saniasa(3),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v2i3.27636

Abstract


Kebijakan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 menjadi solusi utama agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala dan kekurangan. Banyak fenomena yang menunjukkan terjadinya kejenuhan belajar dikalangan peserta didik selama masa pandemi COVID-19 salah satunya di SMP Negeri 4 Bissappu. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik selama masa pandemi COVID-19 melalui  konseling kelompok  dengan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC). Konseling kelompok meliputi 4 tahapan yaitu, Tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap inti dan tahap pengakhiran. Kegiatan konseling kelompok ini melibatkan 1 orang Guru BK dan 6 orang peserta. Hasil dari kegiatan konseling kelompok dengan pendekatan SFBC  membantu peserta didik mendapatkan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi dan fokus pada pemecahan masalahnya bukan mengorek tentang penyebabnya, membantu konseli mengembangkan dirinya dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi yaitu kejenuhan belajar.


Keywords


Konseling kelompok, pendekatan SFBC, dan Kejenuhan Belajar

Full Text:

PDF

References


Alvin. (2007). Stres akademik. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Arikunto, Suharsimi. 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Corey, G. 2016. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9thed). Belmont: Brooks/Cole

Daki, J. 2008. Solution Focused Brief Therapy: Addresing Academic, Motivational, Social and Emotional Difficulties of Older Children with Reading Deficits McGill University, Montreal

Kadir, S., Astaman, & Masdul, M. R. (2018). Upaya mengatasi kejenuhan belajar. Jurnal Kolaboratif Sains, 1.

Vitasari, I. (2013). Kejenuhan (Burnout) Belajar Ditinjau Dari Tingkat Kesepian Dan Kontrol Diri Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 9 Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://do.org/10.1017/CBO9781107415324.


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar