Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik selama Masa Pandemi Covid-19 melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC)
(1) SMPN 4 Bissappu
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMAN 5 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v2i2.27594
Abstract
Kebijakan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 menjadi solusi utama agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala dan kekurangan. Banyak fenomena yang menunjukkan terjadinya kejenuhan belajar dikalangan peserta didik selama masa pandemi COVID-19 salah satunya di SMP Negeri 4 Bissappu. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik selama masa pandemi COVID-19 melalui konseling kelompok dengan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC). Konseling kelompok meliputi 4 tahapan yaitu, Tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap inti dan tahap pengakhiran. Kegiatan konseling kelompok ini melibatkan 1 orang Guru BK dan 6 orang peserta. Hasil dari kegiatan konseling kelompok dengan pendekatan SFBC membantu peserta didik mendapatkan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi dan fokus pada pemecahan masalahnya bukan mengorek tentang penyebabnya, membantu konseli mengembangkan dirinya dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi yaitu kejenuhan belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alvin. (2007). Stres akademik. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Arikunto, Suharsimi. 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Corey, G. 2016. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9thed). Belmont: Brooks/Cole
Daki, J. 2008. Solution Focused Brief Therapy: Addresing Academic, Motivational, Social and Emotional Difficulties of Older Children with Reading Deficits McGill University, Montreal
Kadir, S., Astaman, & Masdul, M. R. (2018). Upaya mengatasi kejenuhan belajar. Jurnal Kolaboratif Sains, 1.
Vitasari, I. (2013). Kejenuhan (Burnout) Belajar Ditinjau Dari Tingkat Kesepian Dan Kontrol Diri Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 9 Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://do.org/10.1017/CBO9781107415324.
Article Metrics
Abstract view : 132 times | PDF view : 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar