Penerapan Prosedur WDEP dengan Teknik Cognitive Disputation dalam Konseling Kelompok untuk Mengatasi Kejenuhan Masuk Sekolah Peserta Didik Kelas VIII di SMP NEGERI 2 Bantaeng

Muhammad Ilham Iskandar(1*), Abdul Saman(2), Saniasa Saniasa(3),

(1) SMP Negeri 2 Bantaeng
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 19 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v2i2.27259

Abstract


Kegiatan layanan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan prosedur WDEP dengan teknik cognitive disputation dalam konseling kelompok dapat mengatasi kejenuhan masuk sekolah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Bantaeng. Adapun jenis kegiatan ini adalah kegiatan konseling kelompok dengan peserta kegiatan adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 5 orang. Pengambilan data awal peserta didik di dapatkan melalui instrumen analisis kebutuhan peserta didik diperoleh data tentang masalah peserta didik jenuh masuk sekolah. Sedangkan pengambilan data akhir dilakukan dengan menggunakan asesmen penilaian hasil konseling kelompok. Data dikumpul dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan diperoleh rata – rata skor evaluasi hasil peserta didik sebesar 12,6 dan masuk kategori sangat baik. Dari hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya prosedur WDEP dengan teknik cognitive disputation dalam konseling kelompok dapat mengatasi kejenuhan masuk sekolah.


Keywords


Realitas, WDEP, Cognitive Disputation, Konseling Kelompok, Jenuh Masuk Sekolah

Full Text:

PDF

References


Astaman, Kadir, S, Risal, M. (2018) Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar (Tinjauan Pendidikan Islam Pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala), 985.

Auzan, M. (2020) “Metode Pendekatan – Pendekatan Dalam Konseling”. Makalah. Jakarat: Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Darminto, Eko. 2007. Teori-teori Konseling: Teori dan Praktek Konseling Dari Berbagai Orientasi Teoritik dan Pendekatan. Surabaya: Unesa University Press.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Fitriani, N, Wahyuni, E, Karlina, H. 2016. Penerapan Teknik Dispute Cognitive dalam REBT untuk Meningkatkan Resiliensi pada Mahasiswa (Single Subject Research terhadap mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). 5 (1), 74.

Kartowagiran, Badrun. 2005. “Dasar – Dasar Penelitian Tindakan” Makalah disampaikan dalam Penyegaran Penelitian Tindakan bagi Dosen IKIP PGRI Yogyakarta, 12 April 2005

Reivich & Shatté, A. (2002). The Resilience Factor: 7 essential Skills for Overcoming Life’s Inevitable Obstacles. New York: Broadway Books.

Vitasari, Ita. 2016. “Kejenuhan (Burnout) Belajar Ditinjau dari Tingkat Kesepian dan Kontrol Diri pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 9 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar