Penerapan Program Inklusi Siswa Slow Learner (Kelas X) Di SMA Islam Athirah Bone Melalui Pendekatan Konseling Singkat Berfokus Solusi ( SFBC)

Andi Evi Jayanti(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v2i1.27058

Abstract


Setiap orang memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Ada yang mengalami keterlambatan dalam perkembangannya. Salah satu dampak yang ditimbulkan dari hal ini adalah adanya anak slow learner. Untuk menangani hal ini maka perlu adanya program inklusif melalui pendekatan konseling singkat berfocus solusi . Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan program inklusif siswa slow leaner dengan pedekatan pengaruh pendekatan konseling singkat berfokus solusi di SMA Islam Athirah Bone. (2) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan konseling singkat berfokus solusi terhadap hasil belajar siswa  kelas X (slow learner) di SMA Islam Atirah Bone. Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperiment  dengan pretest-posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswi kelas X (slow learner)dan  sampel dalam penelitian ini adalah siswi yang memenuhi kriteria inklusif berjumlah 10 0rang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan mengoptimalkan program inklusif melalui pendekatan pendekatan konseling berfocus solusi  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Anonim. Makalah Anak Lamban Belajar (Slow Learner). https://pgsd.binus.ac.id/2017/04/10/pendidikan-inklusi/ (diakses 8 Oktober 2019)

Anonim. Slow learner.http://fitrika1127.blogspot.com/2012/05/slow-learner.html(diakses 12 Oktober 2019)

Kristanto, VigihHery. 2018. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: Deepublish. Hal.22

Mahastuti, Dewi. http://rumahkefirsurabaya.blogspot.com/2013/08/mengenal-anak-slow-learner.html (diakses 8 Oktober 2019)

Mulyadi, Rindy. 2015. Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Menggunakan “Portal Rumah Belaja rKemendikbud” Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Skripsi.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesi. Bandung.

Payadnya, Putu Ade Andre dan Gusti Agung Ngurah Trina Jayantika 2018. Panduan PenelitianEksperimenBesertaAnalisisStatistikdengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Pratisti, Wiwien Dinar, dan Yuwono, Susatyo. 2018.PsikologiEksprimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Rombot, Olifia. Program Inklusif. https://pgsd.binus.ac.id/2017/04/10/pendidikan-inklusi/ (diakses 12 Oktober 2019)

Edwindha Prafitra Nugraheni, 2019. Modul 5 Stategi layanan Responsif. Kementerian pendidikan dan kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar