Pengembangan Permainan Simulasi Dartboard Tentang Pemahaman Kemandirian Belajar Dalam Layanan Bimbingan Kelompok

Fathur Rahman Aufa(1*), Ulfa Danni Rosada(2),

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijosc.v1i1.19939

Abstract


Kemandirian belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa untuk memcapai tujuan belajar dengan penuh kesadaran sendiri dan tanggung jawab tanpa bergantung kepada orang lain. Namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa belum semua siswa mampu memiliki kemandirian belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kemandirian siswa yaitu dengan dikembangkannya permainan simulasi dartboar sebagai salah satu media bimbingan dan konseling dalam bentuk permainan yang  dapat dimanfaatkan oleh guru BK dan siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Model penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah model Borg and Gall sampai pada tahap ke-5 yaitu revisi desain dengan melakukan uji validasi dengan ahli materi, ahli media dan ahli layanan BK.Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah permaian simulasi dartboard tentang kemandirian belajar siswa. Penilaian yang diperoleh dari uji validasi materi sebesar 85 termasuk dalam kategori sangat baik, hasil yang diperoleh dari uji validasi ahli media yaitu 83,3 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil yang diperoleh dari hasil validasi ahli layanan BK yaitu 92,5 dengan kategori sangat baik. Maka dengan penilaian keseluruhan dari permainan simulasi dartboard tentang kemandirian belajar mendapatkan nilai rata-rata sebesar 87 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka permainan simulasi dartboard tentang kemandirian belajar siswa pada siswa kelas VII SMPN 3 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021 dinyatakan layak untuk digunakan dalam salah satu media layanan bimbingan dan konseling.

Keywords


Permainan Simulasi Dartboard, Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi & Amri Sofyan. (2011). PAIKEM GEMBROT (Pengembangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot). Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya.

Ali, M & Asrori M. (2014). Psikologi Remaja Perkembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Listiani Dewi & Erlina Prihatnani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Math bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika: UKSW Salatiga. Vol.4 No.1.

Nurhayati, Eti. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Paweng, Denta Kesdik. (2019). Pengembangan Media Dart Board Game (DBG) Pada Subtema 1 Keberagamaan Budaya Bangsaku Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi PGSD Universitas Ahmad Dahlan.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Yamin, Martins. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Yumarlin, M.Z. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik. Volume 3. Nomor 1.


Article Metrics

Abstract view : 165 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:

Prodi Bimbingan dan Konseling Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar