The Improvement of Performance of Research and Community Service Universitas Negeri Makassar

Nurabidah Idrus(1*), Nursiah Nursiah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perguruan tinggi dituntut mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Setiap perguruan tinggi harus dapat memenuhui Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, yaitu kriteria minimal tentang sistem pengabdian kepada masyarakat pada perguruan tinggi sebagaimaana diamanatkan oleh Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Untuk melihat seberapa baik implementasi pemenuhan standar nasional pengabdian kepada masyarakat pada setiap perguruan tinggi, perlu dilakukan pengukuran kinerja pengabdian kepada masyarakat baik dari aspek sumberdaya yang dimiliki, aspek manajemen baik yang terkait proses, pelaksanaan maupun penilaian pengabdian kepada masyarakat, aspek luaran yang dihasilkan, bahkan sampai pada revenue yang dapat dihasilkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan penilaian dimaksud telah dilaksanakan untuk periode kinerja Tahun 2019. Periode penilaian berikutnya meliputi kinerja Tahun 2019 yang akan menjadi dasar dalam pengelompokan perguruan tinggi berbasis kinerja pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2019. Pengumpulan data dilakukan secara elektronik melalui Simlitabmas sehingga memudahkan perguruan tinggi dalam proses pelaporannya. Pada Panduan ini terdapat perbaikan proses pengisian, yaitu setiap kinerja pengabdian yang dilaporkan baik terkait sumberdaya maupun luarannya harus mengacu pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Bagi perguruan tinggi, data yang dientrikan ke sistem dapat digunakan untuk berbagai kepentingan utamanya untuk proses evaluasi dan pelaporan internal maupun eksternal. Secara nasional, data yang terkumpul di Simlitabmas dapat digunakan untuk memetakan kelompok perguruan tinggi yang sudah unggul dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, kelompok yang sudah sangat baik, kelompok yang relatif sudah baik maupun kelompok perguruan tinggi yang masih perlu mendapatkan pembinaan lebih banyak. Hasil pengelompokan kinerja pengabdian kepada masyarakat akan menjadi dasar pertimbangan untuk menentukan tingkat kewenangan perguruan tinggi dalam mengelola kegiatan maupun alokasi pendanaan pengabdian kepada masyarakat yang bersumber dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat. Akhirnya kepada Tim Penyusun Penduan dan Tim Pengembang Aplikasi Penilaian Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat kami sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras yang telah dilakukan.

 

Kata kunci: Makanan Khas Tradisional, Pelatihan, Pengemasan, Pelabelan, Nilai Ekonomis


Full Text:

PDF

References


The Measurement of Scientific And Technological Activities, 1995. Manual On The Measurement Of Human Resources Devoted To S&T. "Canberra Manual, Paris1995.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2000 tentang Perlindungan VarietasTanaman.

Undang-UndangRepublikIndonesiaNomor30Tahun2000tentangHakRahasiaDagang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2000 tentang Desain Tata Letak SirkuitTerpadu.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2001 tentangMerk.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 tentang HakCipta.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru danDosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang PendidikanTinggi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2016 tentangPaten.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PendidikanTinggi.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional PendidikanTinggi.

PanduanpelaksanaanPengabdiankepadaMasyarakatdanPengabdiankepadaMasyarakat di Perguruan Tinggi, Edisi X Tahun 2016. Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan PendidikanTinggi.

PanduanpelaksanaanPengabdiankepadaMasyarakatdanPengabdiankepadaMasyarakat di Perguruan Tinggi, Edisi XI Tahun 2017. Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan PendidikanTinggi.

PanduanPenelitiandanPengabdianKepadaMasyarakatEdisiXIITahun2018.Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan PendidikanTinggi


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.