Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Puisi Pakrimpungang Sanjak Mangkasarak Borik Malabbiritta Karya Kembong Daeng

Nurul Hikmah Syahrul(1*), Kembong Daeng(2), Hajrah Hajrah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/human.v3i1.49119

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku puisi "Pakrimpungang Sanjak Mangkasarak Borik Malabbirik" karya Kembong Daeng. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa larik-larik puisi dalam buku puisi Pakrimpungang Sanjak Mangkasarak Borik Malabbirik karya Kembong Daeng tahun 2022. Tekik analisis data melalui teknik baca dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembacaan heuristik merupakan pembacaan tingkat pertama untuk memahami makna secara linguistik. Dalam pembacaan heuristik buku puisi Pakrimpungang Sanjak Mangksarak Borik Malabbirik karya Kembong ini ditemukan banyak makna yang terkandung dan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menanamkan nilai pendidikan karakter. (2) Pembacaan hermeneutik merupakan pembacaan tingkat kedua untuk menginterpretasikan makna. Dalam pembacaan hermeneutik buku puisi Pakrimpungang Sanjak Mangksarak Borik Malabbirik karya Kembong ini ditemukan banyak makna yang terkandung dan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menanamkan nilai pendidikan karakter. (3) adapun nilai pendidikan karakternya yaitu (1) nilai religius yang meliputi nilai religius, nilai toleransi, dan nilai peduli sosial, (2) nilai nasionalis yang meliputi nilai cinta tanah air dan nilai disiplin, (3) nilai mandiri yang meliputi nilai kerja keras, nilai mandiri, nilai rasa ingin tahu, dan nilai menghargai prestasi, (4) nilai gotong royong yang meliputi nilai peduli lingkungan, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, dan nilai demokratis, (5) nilai integritas yang meliputi nilai jujur dan nilai tanggung jawab.

                            

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Puisi, Sajak, Mangkasarak


Full Text:

PDF

References


Akhdiyat, M. Z. (2015). KAjian Semiotik dan Nilai Pendidikan Karakter Serat Dewa Ruci. UNS (Sebelas Maret University).

Anshori, I. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74.

Arifin, M. Z. (2019). Nilai Moral Karya Sastra sebagai Alternatif Pendidikan Karakter (Novel Amuk Wisanggeni Karya Suwito Sarjono). Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 3(1), 30–40.

As’ ad, M. (2016). Petuah Bijak orang Makassar: Nilai-nilai keagamaan pada kelong Makassar. Al-Qalam, 18(2), 319–390.

Basang, D., Ngewa, D., & Intang, S. D. D. (1997). Taman Sastra Makassar.

Daeng, Kembong. (2016). Pappilajarang Basa Siagang Sastera Mangkasarak Untuk SMP/MTS Kelas 8. Makassar: UD Mandiri.

Daeng, Kembong. (2022). Pakrimpungang Sanjak Mangkasarak Borik Malabbiritta. Makassar: CV Cahaya Bintang Cemerlang.

Daeng, K., Asri, A., & Fitri, S. (2019, October). Values of Integrity in Kelong Literature as a Moral Education Efforts for The Generations in the Millenial Era. In Proceedings of the 2nd International Conference on Local Wisdom, INCOLWIS 2019, August 29-30, 2019, Padang, West Sumatera, Indonesia.

Hadi, S. (2017). Pemeriksaan Keabsahan data penelitian kualitatif pada skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1).

Hartavi, A. N., Suwandi, S., & Hastuti, S. (2018). Peran Majas Sarkasme Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Puisi Mencari Tanah Lapang Karya Wiji Thukul Dan Relevansinya Dengan Pengajaran Sastra Di Perguruan Tinggi. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 94–102.

Haryati, S. (2017). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Tersedia Secara Online Di: Http://Lib. Untidar. Ac. Id/Wp-Content/Uploads [Diakses Di Bandung, Indonesia: 17 Maret 2017].

Hidayati, A. (2014). Desain kurikulum pendidikan karakter.

Huri, R. M., Hayati, Y., & Nst, M. I. (2017). Analisis Semiotika Riffaterre dalam Puisi Dongeng Marsinah Karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 52–66.

Riffaterre, M. (n.d.). SEMIOTIK.

Riffaterre, M. (1978). Semiotics of poetry. Indiana University Press.

Setiawan, K. E. P., & Andayani, M. P. (2019). Strategi Ampuh Memahami Makna Puisi: Teori Semiotika Michael Riffaterre dan Penerapannya. Eduvision.

Solihati, N. (2017). Aspek pendidikan karakter dalam puisi hamka. LITERA, 16(1).

Tim Penyusun, P. P. K. (2016). Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Widiya, R. H. (2020). Analisis Semiotika Riffaterre Dan Nilai Pendidikan Karakter Pada Antologi Puisi Kenangan Karya Suwarsono. Universitas Islam Majapahit Mojokerto.


Article Metrics

Abstract view : 118 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.