Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Model Pembelajaran Complete Sentence Pada Siswa Kelas IV SDN 75 Lebbae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng

Nur Hariana(1*), Abd Rahman Rahim(2), Ummu Khalsum(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/human.v2i2.37201

Abstract


Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan model pembelajaran complete sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa siswa kelas IV SDN 75 Lebbae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran complete sentence dalam keterampilan menulis Siswa Kelas IV SDN 75 Lebbae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 75 Lebbae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng dengan jumlah siswa 11 orang. Hasil tes keterampilan menulis siswa pada siklus I yang nilainya 75 ke atas hanya mencapai 54,00%, sedangkan pada siklus ke II mengalami peningkatan mencapai 86,36%. Nilai rata-rata keterampilan menulis siswa pada siklus I sebesar 5,95 dan pada siklus ke II mengalami peningkatan yaitu 9,50. Sehingga dapat dikatakan bahwa, nilai rata-rata keterampilan menulis siswa pada siklus I ke siklus II mengalami kemajuan sebesar 3,56. Sehinggs tingkat ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 32,36%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis Siswa Kelas IV SDN 75 Lebbae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng melalui model pembelajaran complete sentence mengalami peningkatan.

 

 

Keywords: Hasil Belajar, Complete Sentence, Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF

References


Hasani. (2005). Pembelajaran Menulis. Bandung: Angkasa

Inayati, R. K. (2012). Peningkatan kemampuan bercerita dengan penggunaan teknik complete sentence pada kelas III SDN Purwodadi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). http://repository.um.ac.id/104179/ Diakses 26 janiari 2022

Istarani. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Ma'sum, Y. (2011). Penerapan model complete setence berbasis gambar untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan benda siswa kelas II SDN Karang Besuki 01 kota Malang. http://repository.um.ac.id/103902/ diakses 26 januari 2022

Muzadi, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Paragraf Untuk Siswa Sd. Ptk 2018 B2 Pgsd Fkip Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Suparno & Yunus, M.. (2010). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono. (2012). Model-Model Pembalajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Tarigan. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.