Sikap Bahasa Siswa Sekolah Menengah terhadap Bahasa Makassar

Idawati Idawati(1), Asia M.(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/human.v2i1.34337

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap bahasa siswa kelas VIII SMPN 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto terhadap bahasa Makassar yang terbagi menjadi 3 ciri yaitu (1) kesetiaan  bahasa (2) kebanggaan bahasa dan (3) kesadaran adanya norma  bahasa. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan  menggunakan angket luring. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa sehingga dalam penarikan sampel penelitian menggunakan  total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tarowang yang berjumlah 71 siswa. Teknik analisis data yang digunakan  yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan perhitungan  statistic dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) kesetiaan bahasa siswa terhadap bahasa Makassar berkategori positif karena secara umum persentase jawaban siswa berada  pada kategori tinggi pada pernyataan positif dengan pilihan alternatif jawaban setuju; (2) kebanggaan bahasa siswa terhadap bahasa Makassar yang berkategori positif karena secara umum presentase jawaban tertinggi siswa pada pernyataan positif ada pada alternatif  jawaban setuju; (3) kesadaran adanya norma bahasa Makassar siswa yang berkategori positif karena secara umum  presentase jawaban tertinggi siswa pada pernyataan  positif ada pada alternatif jawaban setuju.

 

Kata Kunci : Sikap, Bahasa, Bahasa Makassar.


Full Text:

PDF

References


Chaer,..Abdul...2009..Psikolinguistik...Jakarta. PT Asdi Mahasatya.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Lianur, Misna. Dan Kustina, Rika. (2017). Sikap Berbahasa Penutur Bahasa Gayo Ragam Santai Lingkungan STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Jurnal Sikap Berbahasa Mahasiswa. V. (1).

Mansyur, Umar. (2009). Sikap Bahasa Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Gerakan Aktif Menulis. 7 (2). 73.

Miles, H. & Huberman, A.M. Saldana. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook, 3.

Moleong. L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). In PT.Remaja Rosda Karya.

Oswari, Teddy. Hastuti, Erni. (2015). Kajian Dialektologi dan Sikap Bahasa Minang pada Pedagang Rantau di Jakarta. Jurnal. Universitas Gunadarma.

Riska. (2020). Sikap Bahasa Siswa Kelas VII SMPN 2 Tanete Riaja Terhadap Bahasa Bugis. Skripsi. Makassar.

Santoso, dan Arif Ismail. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 6 (2).


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.