KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI MA NEGERI 1 MAKASSAR

Zulfikar Zulfikar(1*), Laelah Azizah(2),

(1) universitas negeri makassar
(2) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4412

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran kuartet dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa jerman siswa kelas XI IPA MAN 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design (eksperimental semu) dengan bentuk design non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MAN 1 Makassar, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa adalah 100 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu kuartet efektif dalam pembelajaran. Perolehan nilai post-test siswa, pada kelas eksperimen nilai terendah yaitu 50 dan nilai tertinggi 91 dengan nilai rata-rata 69,8, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai 8 untuk nilai terendah  dan 67 untuk nilai tertinggi dengan nilai rata-rata 38,1. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t untuk melihat hasil akhir dari penelitian ini, masing-masing kelas dengan rumusyang sama. Hasilnya adalah  kelas eksperimen = 9,35  sementara  = 2,011, jadi adalah

Full Text:

PDF

References


Agustika, Ultari. 2011. Efektifitas Teknik Permainan Kuartet dalam Keterampilan Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman. Skripsi. Bandung: FPBS UPI

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Vilama Widya

Ardiansyah, Sulabdi. 2014. Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Makassar: UNM

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Jakarta Persada.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Bolton, Sybelle. 1995. Problem der Leistungsmessung Lernfortschrittstest in der Grundstufe. München: Goetho-Institut

Brown, H. Douglas. 2008. Prisip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika

Butzkam,W. 1989. Psycholinguistik des Fremdsprachunterrichts. Tubingen: France.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Gaffar, Usman. 2013. Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa SMKN 6 Makassar. Makassar: UNM.

Mantasiah, R. 2016. Kohesi Dalam Wacana Buku Kontakte Deutsch: Suatu Kajian Analisis Wacana (Cohesion In Discourses Of Kontakte Deutsch Book: a Study of Discourse Analysis). SAWERIGADING, 15(3), 336-348.

Mantasiah, R. 2016. Media Pembelajaran Anti Korupsi Berbasis Gender untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Sejak di SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 19(2).

Steinig, Wolfgang; Huneke, Hans-Werner. 2007. Sprachdidaktik Deutsch. Eine

Einführung. Berlin: Erick Schimdt Verlag


Article Metrics

Abstract view : 1534 times | PDF view : 1189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: