PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPA MAN 1 MAKASSAR

Mariona Mariona(1*), Abd Kasim Achmad(2),

(1) universitas negeri makassar
(2) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4411

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Data penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes kemampuan membaca memahami siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca memahami persentase nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 64,72%, dan siklus II mencapai 93,10%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jerman siswa Kelas XI MAN 1 Makassar.


Full Text:

PDF

References


Andayani. 2015. Problema dan Aksioma dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Dimyati dan Mudjiono. 2005. Pengelolaan Pembelajaran. Yogykarta: Deepublish.

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa.Jakarta : Indeks.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamra Arifuddin & Eny Syatriana.2010.Model pembelajaran membaca pemahaman bahasa inggris sekolah menengah. Makassar: Badan penerbit Universitas Negeri.

Hammoud,Antje und Ratzki.2002. Fremdsparche Deutsch Kooperative Lernen. Donnauwörth: Heuber verlag.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Iskandarwassid, Sunendar Dadang. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jihad dan Haris.2012.Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Knirk dan Gustafson. 2005. Pengelolaan Pembelajaran. Yogykarta: Deepublish.

Muslim, Rismayanti .2012. Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar.

Murniati dan Usman, 2009. Implementasi Menajemen Stratejik. Bandung: Angkasa.

Nurmiati, N., & Mantasiah, R. 2017. Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer-Teaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).

Nurrobikha dan Burhan Asmawati, 2015.Buku Ajar Konsep Kebidanan.Yogyakarta: Deepublish.

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Rosda.

Rofa’ah. 2016. Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran.Yogyakarta: Deepublish.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers.

Saddhono, Kundharu dan Slamet.2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia.Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saifuddin, 2014.Pengelolaan Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana

Sina, Peter Garlans. 2015. The Real Spirit Of Learning. Yogyakarta: Garudhaca.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiarni.2008. Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa SMA Negeri 3 Makassar.Makassar :Skripsi FBS UNM.

Suprihanto dkk. 2003. Perilaku Organisasional. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafaruddin. 2012. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Perdana Mulya

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Pembelajaran Membaca Berbasis pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Widyastuty, Hilda. 2013. Kemampuan Membaca Memahami wacana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Makassar.Makasssar.Skripsi.Fakultas Bahasa dan Sastra.Universitas Negeri Makassar.

Winataputra, Udin. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Laksana


Article Metrics

Abstract view : 670 times | PDF view : 406 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: