KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Femmy Angreany(1*), Syukur Saud(2),

(1) universitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh data dan informasi tentang keefektifan media Flashcard dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman. Penelitian ini adalah penelitian Quasi-eksperimen. Pengumpulan data melalui tes keterampilan menulis karangan sederhana. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar yang terdiri dari 2 kelas yang hanya belajar bahasa Jerman yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Jumlah sampel 70 siswa, dan semua siswa tersebut dijadikan partisipan dimana dibagi menjadi 2 kelas yakni kelas kontrol dan eksperimen. Data dianalisis  menggunakan analisis Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa th 6,17 > tt 1,998 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Flashcard efektif digunakan dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Jakarta Persada.

Buttner, Amy. 2013. Aktivitas Permainan Dan Strategi Penilaian Untuk Kelas Bahasa Asing. Jakarta: PT Indeks.

Dalman. 2015. Keterampilan menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogyakarta: Diva Press.

Mantasiah, R. 2016. Kohesi Dalam Wacana Buku Kontakte Deutsch: Suatu Kajian Analisis Wacana (Cohesion in Discourses of Kontakte Deutsch Book: a Study of Discourse Analysis). SAWERIGADING, 15(3), 336-348.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Pemendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Rosidi, Imron. 2015. Menulis....Siapa Takut? (Panduan Bagi Penulis Pemula). Yogyakarta: Kanisius.

Sadiman. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Susilana, Rudi, dan Cepi Riyana.2009 Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Wulansari, Eva. 2014. Keefektifan Penggunaan Media Flashcard Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Di Sma Negeri 1 Sedayu Bantul (diakses dari http://eprints.uny.ac.id/19117/ pada tanggal 1 Septmber2016).




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4410

Article Metrics

Abstract view : 305 times | PDF view : 1054 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.