KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Hardianti Hardianti(1*), Wahyu Kurniati Asri(2),

(1) universitas negeri makassar
(2) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah  untuk mengetahui efektivitas media video dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman  siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yakni quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 11 Makassar yang terdiri atas 10 kelas, dengan jumlah siswa 300 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 7 yang berjumlah 30 orang sebagai siswa kelas kontrol yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Video efektif dalam keterampilan menulis karanagn sederhana bahasa Jerman kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Hasil uji- t menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,79 > ttabel = 2,002 dengan taraf signifikan 0,05.

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abdul Karim. 2007. Media Pembelajaran.Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Alek A, 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruang Tinggi. Jakarta: Kencana.

Anwar. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana dengan Menggunakan Media Gambar Seri. Skripsi. Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Indonesia.

Anitah, Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Andi Septira Lestari. 2012. Keefektifan Penggunaan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Siswa SMA Negeri 8 Makassar. Skripsi UNM.

Aqib,Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung:Penerbit Yrama Widya.

Arsyad Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Asnawir dan Usman M. Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers

Asminah. 2007. Peran Media Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman.Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra UNM.

Budinuryanta, dkk . 2008. Pengajaran Kerampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor. Ghalia Indonesia.

Mantasiah, R. 2016. Media Pembelajaran Anti Korupsi Berbasis Gender untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Sejak di SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 19(2).


Article Metrics

Abstract view : 2017 times | PDF view : 465 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter