HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 2 KABUPATEN MAJENE

Desi Nuraina(1*), Nurming Saleh(2),

(1) universitas negeri makassar
(2) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara  Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman dengan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Kabupaten Majene. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan tes kosakata dan tes keterampilan berbicara dan menganalisis Data digunakan Product Moment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa yang berjumlah 18 orang. Data yang diperoleh melalui teknik Total Sampling. Hasil analisis data menjelaskan bahwa Rh = (0,543) > Rt = (0,468). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata bahasa Jerman dengan keterampilan berbicara siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Kabupaten Majene (rh= 0,543 ˃ rt = 0,468).

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Akhaidah, Sabarti. 1988. Evaluasi dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud

Amalputra,L.Y.H. 1994. Pengaruh Teknik Penerjemahan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Aspek Kemampuan Verbal. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, FBS UNY.

Apriyaningsih, Vina. 2014. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Domino Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa.

Ardiansyah. 2014. Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi S1. Makassar. Program Studi Pendidikan Bahasa.

Ardilla, Yoan. 2014. Keefektifan Penggunaan Media Time Token Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Skripsi S1. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Bahasa.

Bolton, Silbylle. 1995. Problem der Leistung. München. Goethe Institut Langendscheidt.

Cahyo, Ungki Dwi. 2014. Penerapan Media Puzzle Picture Pada Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Malang : Jurnal Penelitian.

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.

Götz, Dieter dan Hans Wellman. 2009. Langenscheidt Power Wörterbuch Deutsch. Berlin: Langendscheidt.

Götz, Dieter. 1997. Langenscheidts Gröβwörterbuch Deutsch ala Fremdsprache. Berlin dan Münschen: Langenscheidts.

Hardjono, Tini. 2009. Kontakte Deutsch 2. Jakarta : Katalis

Haryadi, Moh. 2009. Statistik Pendidikan. Banyuwangi: Prestasi Pustaka Raya.

Hidayat. 2014. Upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Penerapan Pendekatan Komunikatif pada Pembelajaran Bahasa. Skripsi S1.Jakarta. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hornby, A.S.1974. Oxford Advanced Learner’s Dictionary Of Current Englisch. Oxford: Oxford Universiry Press.

Irhana. 2015. Hubungan antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNM: tidak diterbitkan.

Iskandarwassid dan Sunendar, D. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Kasim. 2013. Deutsch ist Einfach. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Keraf, Gorys. 1996. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama. Kridalakasana, Harimurti. 2008.

Kamus Linguistik. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Mantasiah, R. 2007. Sintaksis bahasa Kodeoha: suatu kajian transformasi generatif (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Mukidi, Adisumarto.1984: Bahasa Baik dan Benar merupakan Ciri Utama Seorang Pendidik Jogjakarta: IKIP FPBS.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Jakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia

Nurjamal, Daeng, dkk.2014. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Purwanto. 2009 Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Soedjito. 1992. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sri Whyuni, Ari. 2012. Peningkatan Peenguasaan Kosakata Melalui Media Teks Teka Teki Silang Siswa Kelas XI IA 1 SMA Kartika Wirabuana 1 Makassar. Skripsi S1. Makassar. Program Studi Bahasa Jerman. Universitas Negeri Makassar. Tidak diterbitkan.

Steinig, Wolfgang dan Huneke Hans–Werner. 2011. Sprachdidaktik Deutsch. Berlin. Erich Schmidt Verlag.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G.2011. Pengajaran kosakata. Bandung: Angkasa.

Tarigan,H.G. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa

Wahyuni dan Ibrahim. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika ADITAMA.

Yuliatun. 2009.Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Bulusulur di Kecamatan Wonogirib Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Skripsi S1. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4405

Article Metrics

Abstract view : 1199 times | PDF view : 437 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.