PENERAPANTOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN LABA P.T. JOYFULL BAKERY MAKASSAR

Erni Rismawanti(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan unsur-unsur Total Quality Management (TQM) khususnya proses produksi dalam meningkatkan laba P.T. Joyfull Bakery di Makassar. Variabel dalam penelitian ini variabel tunggal yaitu penerapan Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan laba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian produksi dan data keuangan perusahan P.T. Joyfull Bakeryyakni Laporan Laba Rugi, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 21 orang karyawan di bagian produksi dan Laporan Laba Rugi untuk empat tahun terakhir yaitu tahun 2009, 2010, 2011 dan 2012.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasidan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif, yaitu dengan memaparkan dan membandingkan penerapan unsur-unsur Total Quality Management dengan laba yang diperoleh perusahan P.T. Joyfull Bakerydi Makassar dalam memproduksi dan menggunakan presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan unsur-unsur Total Quality Management (TQM) mencapai 88,77%, hasil tersebut berada antara 76-100% dinilai baik, hal ini berarti penerapan Total Quality Management (TQM) berada pada kualifikasi baik. Penerapan unsur-unsur Total Quality Management (TQM) pada P.T. Joyfull Bakery dapat meningkatkan laba meskipun dari kesepuluh unsur yang ada belum sepenuhnya diterapkannya itu pada unsur adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan (pengambilan keputusan).

Kata Kunci :Total Quality Management (TQM) dan Laba


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 540 times | PDF view : 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.