PENGARUH PERILAKU ORGANISASI DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP PRODUKTIVITAS WARKOP SEBAGAI RUANG PUBLIK DI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh perilaku organisasi dan bauran pemasaran pada warkop dan untuk mengetahui meningkatnya poduktivitas warkop sebagai ruang publik. Penelitian dilakukan di Kecamatan Rappocini-Kota Makassar. Sumber data ini adalah sumber data primer melalui partisipasi dengan terjun langsung menyebar kuesioner penelitian ini pada responden yaitu pelanggan dan pengelola warkop. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.000 penduduk sebagai penggemar warkop. Sampel penelitian ini bersifat deskriptif diambil sebanyak 10 % dari populasi, atau 100 responden secara purposif. Hasil penelitian yang dianalisis dengan metode Regresi Linier Berganda (Model Cobb Douglas), menunjukkan bahwa hipotesis yang mengatakan produktivitas kepuasan warkop sebagai ruang publik dipengaruhi oleh adanya Perilaku Organisasi dan Bauran Pemasaran, dari hasil regresi diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 100 % artinya varibel dependen (Produktivitas) dapat dijelaskan oleh variabel independen (faktor produksi) secara keseluruhan dan tidak dipengaruhi oleh variabel lain diluar model seperti jumlah pelayan, tempat parkir, kondisi cuaca dan sebagainya. Performansi proses produksi sebesar -7,593 adalah dibawah 1 atau Decreasing RTS (Return To Scala) dan penggunaan faktor produksi berlebihan sehingga tidak produktif dan tidak efisien. Biaya berlebihan dengan overhead tinggi pada faktor produksi 4,04 pada harga/biaya menu makanan dan minuman (Rp/Pax), perlu ditekan dan meningkatkan tiga variabel yang signifikan mempengaruhi produksivitas yaitu promosi (0,00), partisipasi dan keakraban pengunjung (0,00) dan bentuk bangunan/fisik dari warkop (0,00) kurang dari 5 %, perlu ditingkatkan dengan cara menambah investasi, modal kerja dari bank dan menambah tenaga kerja agar produktivitas/kepuasan pengunjung warkop dapat terwujud dengan sebaik-baiknya.
Kata Kunci : Warkop, Produktivitas, Ruang Publik, Perilaku Organisasi, Bauran Pemasaran
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 547 times | PDF view : 347 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.