PENGARUH NILAI PASAR DAN FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP ABNORMAL RETURN (STUDI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2012-2016)

Murni Sari(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pasar dan faktor fundamental terhadap abnormal return (studi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2016). Rancangan penelitian ini adalah penelitian asosiatif (sebab akibat). Obyek penelitian ini adalah abnormal return pada perusahaan makanan dan minuman yang tercatat di BEI. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI sebanyak 18 perusahaan. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu pengambilan sampel penelitian dengan sengaja. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan : (1) MV, BV, Beta, AKO, DER, ROI dan AG tidak berpengaruh terhadap Abnormal Return pada perusahaan makanan dan minuman di BEI. (2) MV tidak berpengaruh terhadap Abnormal Return pada perusahaan makanan dan minuman di BEI. (3) BV tidak berpengaruh terhadap Abnormal Return pada perusahaan makanan dan minuman di BEI. (4) Beta tidak berpengaruh terhadap Abnormal Return pada perusahaan makanan dan minuman di BEI. (5) AKO berpengaruh positif signifikan terhadap Abnormal Return pada perusahaan makanan dan minuman di BEI. (6) DER tidak berpengaruh terhadap Abnormal Return pada perusahaan makanan dan minuman di BEI. (7) ROI berpengaruh terhadap Abnormal Return pada perusahaan makanan dan minuman di BEI. (8) AG berpengaruh terhadap Abnormal Return pada perusahaan makanan dan minuman di BEI.

Kata Kunci : Nilai Pasar (MV), Nilai Buku (BV), Beta, Arus Kas Operasional (AKO), Debt To Ekuity Ratio (DER), Return On Invesment (ROI), Asset Growth (AG) dan Abnormal Return


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 300 times | PDF view : 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.