The Effect of Brain Exercise on Improving the Coordination Ability of Mild Graphic Improvement

Gusdiana Danu Pratiwi(1*), Yasep Setiakarnawijaya(2), Fajar Vidya Hartono(3), Eko Prabowo(4),

(1) State University of Jakarta
(2) State University of Jakarta
(3) State University of Jakarta
(4) State University of Jakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/cjpko.v16i1.58973

Abstract


Penelitian pra-eksperimen dilakukan dalam kerangka purposive sampling pada November hingga Desember 2023 dengan memanfaatkan data primer disabilitas intelektual ringan di Kampus B Universitas Negeri Jakarta. Hubungan antar variabel dianalisis menggunakan uji t dependen.Berdasarkan temuan penelitian yang disajikan dalam Bab 4, dapat disimpulkan bahwa latihan senam otak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan koordinasi tangan-mata pada individu dengan cacat intelektual ringan. Kesimpulan ini berasal dari hasil penelitian tersebut di atas, dimana t-value yang dihitung adalah 10,46, melampaui t-value kritis sebesar 2,131. Akibatnya, perbedaan yang diamati signifikan secara statistik.


Keywords


Coordination; Brain Gym; Exercise Mentally disabled.

Full Text:

PDF

References


Arief Hidayat, S., Ady Erwansyah, R., & Lestari, A. N. (2021). Latihan Senam Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Jangka Pendek Pada Anak Disabilitas Intelektual. In JINTAN : Jurnal Ilmu Keperawatan (Vol. 1, Issue 2).

Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. A. (N.D.). Periodization Theory And Methodology Of Training Sixth Edition.

BUDIWANTO, S. (2012). Metodologi Latihan Olahraga.

Costeff, H., Cohen, B. E., & Weller, L. E. (1983). Biological Factors IN MILD MENTAL RETARDATION.

Ega Swastika Dan Setiadi, G. (2016). Efektifitas Senam Otak (Brain Gym) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Autis Di Terapis Anak Terang Kedung Seroko Surabaya.

ENDANG RINI SUKAMTI. (2018). Perkembangan Motorik ( Shendy Amalia, Ed.; Edisi Pertama). UNY Press.

Enny Wulandari, I. P. D. A. P. (2018). Kombinasi senam otak dan aktivitas fungsional rekreasi (afr) terhadap motorik halus anak autis. Jurnal kesehatan terpatu , 2(Autism, Brain Gym, AFR), 14–19.

Erochyadi. (2015). Karakteristik Dan Pendidikan Anak Tunagrahita.

Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). TES DAN PENGUKURAN DALAM OLAHRAGA. Penerbit Andi.

Hendriana.(2011). Pengaruh Metode Progresif Terhadap Peningkatan Tembakan Bebas Pada Cabang Olahraga Basket. Skripsi Sarjana Pendidikan FPOK UPI Bandung

Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (1980). EXCEPTI ONAL CHILDREN Introduction To Special Education FOURTH EDITION.

Katch, F. I., & Barbara, S. (N.D.). William D. Mcardle (Sound Beach, NY) Essentials Of Exercise Physiology.

Nagarkar, M. R., Rokade, P., Malwade, M., & Abdul, D. A. P. J. (2018). Effectiveness Of Brain Gym Activity On Quality Of Life In Autism Spectrum Disorder. International J. Of Healthcare And Biomedical Research, 11–16.

Nugraha, A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games For Understanding Terhadap Hasil Belajar Permainan Bola Tangan SMP Negri 2 Karangtanjung Pandeglang. Skripsi Sarjana Pendidikan FPOK UPI Bandung

Nur, O. :, Amini, A., & Yogyakarta, U. N. (2015.). Peningkatan Kemampuan Koordinasi Mata Dan Tangan Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Melalui Metode Direct Instruction Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyulam Di Slb N 1 Sleman Improving Eye And Hand Coordination Of The Children With Intellectual Disability In Moderate Category By Using Direct Instruction Method In Learning Embroidery Skill At Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Sleman.

Palar, C. M., Wongkar, D., Ticoalu, S. H. R., Manado, S. R., Anatomi, B., Fakultas, H., Universitas, K., & Ratulangi, S. (2015). Manfaat Latihan Olahraga Aerobik Terhadap Kebugaran Fisik Manusia. In Jurnal E-Biomedik (Ebm) (Vol. 3, Issue 1).

Payne V.Gregory & Issacs Larry D. (2012). Human Motor Development ( A Lifespan Approach).

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Subhan Zainuri Ehsan. (2017). Pengaruh Latihan Senam Otak Terhadap Gerak Dasar Lokomotor Lari Pada Anak Tunagrahita Sedang Di Special Olympics Indonesia DKI Jakarta.

Toth, K., & King, B. (2009). Intellectual Disability (Mental Retardation). In Dulcan’s Textbook Of Child And Adolescent Psychiatry. American Psychiatric Publishing. Https://Doi.Org/10.1176/Appi.Books.9781585623921.Md12

Vaishnavi V Siroya, Waqar M Naqvi, & Chaitanya A Kulkarni. (2020). Importance Of Brain Gym As Exercise In Physiotherapy And Rehabilitation. International Journal Of Research In Pharmaceutical Sciences, 11(SPL4), 1386–1389. Https://Doi.Org/10.26452/Ijrps.V11ispl4.4310

Yumaika, C. Ardisal. (2020). Efektivitas Senam Ceria Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan. Journal Of Multidisciplinary Research And Development , 2(3). Https://Ranahresearch.Com.

Zulvian Iskandar, Y., Kusmiati, E., Rakeyan Santang, S., & Sunda, T. (N.D.). Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun Pada Tari Sunda Melalui Aplikasi Tiktok Di PAUD Permata Hati Kata Kunci. Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id


Article Metrics

Abstract view : 37 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gusdiana Danu Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

COMPETITOR IS LICENSED BY :

 Creative Commons License COMPETITOR is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


COMPETITOR EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus FIK Banta Bantaeng, Jalan Wijaya Kusuma Nomor 14, Rappocini, Makassar, Postal Code 90222


COMPETITOR IS INDEXED BY