Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X2 SMA Negeri 1 Donri-Donri Kab. Soppeng (Studi Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur)

Hardianti Hardianti(1*), Ramdani Ramdani(2), Muharram Muharram(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Uiversitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6643

Abstract


ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menerapkan langkah-langkah pada setiap fase model pembelajaran learning cycle 5E yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Donri-donri Kab. Soppeng. Terdapat empat tahapan yang dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, Data hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pada setiap fase model learning cycle 5E  yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu: (1) fase enggagement dengan membangkitkan minat siswa pada pembelajaran, dan melakukan tanya jawab dalam mengeksplorasi pengetahuan awal siswa, (2) fase exploration dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep melalui diskusi dalam kelompok kecil, (3) fase explaination dengan menumbuhkan rasa percaya diri siswa untuk menyampaikan konsep yang telah ditemukannya dengan kata-kata sendiri, (4) fase elaboration dengan menyajikan latihan soal untuk melatih  siswa menggunakan konsep yang telah ditemukan  pada soal-soal pemecahan masalah, (5) fase evaluation dengan memberikan evaluasi berupa tes atau tanya-jawab dalam membuat kesimpulan. Persentase aktivitas belajar siswa meningkat dari 47,39% pada siklus I menjadi 64,40% pada siklus II.

Kata Kunci: Learning cycle 5E, Aktivitas belajar, Struktur atom dan Sistem periodik unsur

  

ABSTRACT

This classroom action research  aimed to implement the steps in each phase of the learning cycle 5E model that can increase student’s learning activity of class  X2 SMA Negeri 1 Donri-donri Kab. Soppeng. There were four steps in this research: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. This research was conducted in two cycles. The results showed that the steps in each phase of the learning cycle 5E model that can improve the activity and student’s achievement are: (1) Enggagement phase by providing student’s interest about the subject matter, and exploring student’s basic knowlage, (2) Exploration phase by giving a chance to students to find concept by the little group discussions, (3) Explaination phase by growing self-confidence of students, so they can explain the concept that they had discovered with their own words, (4) Elaboration phase by presenting exercises, that aimed  to exercise students to use the  concepts that have been found in the exercing test, (5) Evaluation phase by giving such evaluation to make a conclusions. Student’s learning activities increased from 47,39% in the first cycle to 64,40% in the second cycle.

Keywords: Learning cycle 5E, learning activities, atomic structure and the periodic system of elements


Article Metrics

Abstract view : 664 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id