Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X2 SMA Negeri 1 Donri-Donri Kab. Soppeng (Studi Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Uiversitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6643
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menerapkan langkah-langkah pada setiap fase model pembelajaran learning cycle 5E yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Donri-donri Kab. Soppeng. Terdapat empat tahapan yang dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, Data hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pada setiap fase model learning cycle 5E yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu: (1) fase enggagement dengan membangkitkan minat siswa pada pembelajaran, dan melakukan tanya jawab dalam mengeksplorasi pengetahuan awal siswa, (2) fase exploration dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep melalui diskusi dalam kelompok kecil, (3) fase explaination dengan menumbuhkan rasa percaya diri siswa untuk menyampaikan konsep yang telah ditemukannya dengan kata-kata sendiri, (4) fase elaboration dengan menyajikan latihan soal untuk melatih siswa menggunakan konsep yang telah ditemukan pada soal-soal pemecahan masalah, (5) fase evaluation dengan memberikan evaluasi berupa tes atau tanya-jawab dalam membuat kesimpulan. Persentase aktivitas belajar siswa meningkat dari 47,39% pada siklus I menjadi 64,40% pada siklus II.
Kata Kunci: Learning cycle 5E, Aktivitas belajar, Struktur atom dan Sistem periodik unsur
ABSTRACT
This classroom action research aimed to implement the steps in each phase of the learning cycle 5E model that can increase student’s learning activity of class X2 SMA Negeri 1 Donri-donri Kab. Soppeng. There were four steps in this research: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. This research was conducted in two cycles. The results showed that the steps in each phase of the learning cycle 5E model that can improve the activity and student’s achievement are: (1) Enggagement phase by providing student’s interest about the subject matter, and exploring student’s basic knowlage, (2) Exploration phase by giving a chance to students to find concept by the little group discussions, (3) Explaination phase by growing self-confidence of students, so they can explain the concept that they had discovered with their own words, (4) Elaboration phase by presenting exercises, that aimed to exercise students to use the concepts that have been found in the exercing test, (5) Evaluation phase by giving such evaluation to make a conclusions. Student’s learning activities increased from 47,39% in the first cycle to 64,40% in the second cycle.
Keywords: Learning cycle 5E, learning activities, atomic structure and the periodic system of elements
Article Metrics
Abstract view : 655 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2722-8649
Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.
Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id