Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar

Sitti Faika(1*), Sumiati Side(2),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v12i2.497

Abstract


Penelitian ini ingin diketahui hambatan yang menjadi penyebab kesulitan belajar pada proses pembelajaran dan pada pelaksanaan praktikum kimia dasar serta korelasi antara pelaksanaan praktikum dan teori matakuliah kimia dasar. Dengan metode deskriptif analisis dengan menggunakan test dan angket diperoleh hasil penelitian bahwa hambatan yang menyebabkan kesulitan belajar kimia dasar mahasiswa jurusan kimia adalah ada pada kemampuan penguasaan materi dan pelaksanaan praktikum dari keempat indikator sebesar 53,29%, pada proses pembelajaran dari lima indikator sebesar 8,69%, pada pelaksanaan praktikum sebesar 66,26%. Pada faktor lingkungan masyarakat, secara statistik didapat secara kseseluruhan dari delapn faktor yang diselidiki memiliki pengaruh cukup besar yaitu 66,15%.

Katakunci: kesulitan belajar, kimia dasar

ABSTRACT

This study to know the barriers that cause learning difficulties in the learning process and the implementation of the basicchemistry practical and the correlation between theory and practical implementation of the basic chemistry course. With the descriptive method of analysis using the test and questionnaire results obtained that the barriers that lead to learning disabilities basic chemistry is the chemistry student on mastery of skills and practical implementation of the four indicators of 53.29%, in the learning process of the five indicators of 8, 69%, on the practical implementation of 66.26%. Out site factors, have considerable influence that is 66.15%.

Keywords: learning difficulties, basic chemistry

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 8205 times | PDF view : 2914 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id