Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.A SMK Kehutanan Negeri Makassar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Tahun Pelajaran 2014/2015 (Studi pada Materi Struktur Atom dan Sifat-Sifat Unsur dalam Sistem Periodik)

Julinuddin Julinuddin(1*),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v16i1.4582

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Kimia Pada Siswa Kelas X.A SMK Kehutanan Negeri Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah hasil belajar siswa dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, serta kegiatan pelaksanaan ini, peneliti bertindak sebagai fasilitator yang memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas X.A SMK Kehutanan Negeri Makassar.
Kata kunci: Model pembelajaran NHT, Peningkatan proses dan Belajar siswa

ABSTRACT
The purpose of this study was to describe the application of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) in improving learning outcomes of Chemistry Students of Class XA Forestry SMK Negeri Makassar. The approach in this study is a qualitative approach and this type of research is a classroom action research conducted by two cycles and each cycle presented two meetings. Each cycle through the four phases: planning, implementation stage, the stage of observation and reflection stages. The focus study were of student learning outcomes and the implementation of cooperative learning model NHT, as well as implementation activities, the researchers acted as facilitators provide guidance to students who have difficulties in learning. Data collection techniques using observation techniques test. The data analysis technique used is qualitative data analysis consisted of three phases of activities, namely, presenting the data and draw conclusions or data verification. Results of this study can be concluded that by using cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) can improve learning outcomes on student math class XA Forestry SMK Negeri Makassar.
Keywords: Learning model of NHT, Improvement processes and Student learning

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 471 times | PDF view : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]