Penerapan Model Pembelajaran Drill terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Desain Grafika 1 Di SMK Negeri 4 Gowa

Zaenab Zaenab(1*),

(1) SMK Negeri 4 Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i2.13641

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas X Desain Grafika 1 SMK Negeri 4 Gowa Tahun pelajaran 2018/2019 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Drill, pada pokok bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta didik Kelas X Desain Grafika 1 SMK Negeri 4 Gowa yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar kimia setiap akhir siklus, pedoman angket dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kimia Peserta didik kelas X Desain Grafika 1 SMK Negeri 4 Gowa yang mengikuti mata pelajaran dengan penerapan model pembelajaran Drill pada siklus I adalah ketuntasan belajar 71,43%, selanjutnya rata-rata hasil belajar kimia Peserta didik pada siklus II adalah 77,15% dengan ketuntasan belajar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Drill ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas X Desain Grafika 1 SMK Negeri 4 Gowa.

Kata kunci: Model Drill, Hasil belajar


ABSTRACT

This study aims to determine student learning outcomes in chemistry subjects of Graphic Design 1 class X of Vocational School 4 Gowa in the 2018/2019 academic year taught using the Drill learning model, on the subject of Atomic Structures and Periodic Systems. This type of research used in this study is Classroom Action Research. The subjects in this study were students of Graphic Design 1 Class X of Vocational School 4 Gowa with a total of 35 people. The research instruments used in data collection were chemistry learning achievement tests at the end of each cycle, questionnaire guidelines, and observation guidelines. The data analysis technique used is qualitative descriptive analysis and quantitative descriptive analysis. The results showed the average chemistry learning outcomes of Graphic Design 1 Class X students of Vocational School 4 Gowa by application of the Drill learning model in the first cycle were mastery learning 71.43% and at second cycle was 77.15% with 100% mastery learning. So it can be concluded that the application of this Drill learning model can improve student learning outcomes in chemistry subjects Graphic Design 1 Class X of Vocational School 4 Gowa.

Keywords: Drill Method, Student’s Achievement

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Halia. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Penerapan Metode Latihan Berstruktur pada Siswa Kelas XI IPA2 SMA N 1 Barru. Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 5 No. 1, Mei 2008.

Muhibbin Syah. 2004, Psikologi dengan Pendekatan Baru (edisi revisi), PT Remaja Rosda Karya, Bandung.

Ramlah. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Drill terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X ATPH 1 SMK Negeri 4 Gowa. Jurnal Chemica, Vol 19 No. 1 Juni 2018.


Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id