Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Tipe MM (Studi Pada Materi Pokok Ikatan Kimia)

Nurafni Kasmi(1*), Muhammad Anwar(2), Alimin Alimin(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i2.13634

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan metode quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bulukumba Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together dan Tipe Make A Match. Desain penelitian yang digunakan adalah “Posttest Only Group Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bulukumba yang terdiri dari sepuluh kelas, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X.10 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X.9 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah siswa masing-masing 36 orang. Kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sedangkan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe MM. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran kooperatif tipe MM dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian posttest. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa kelas NHT yaitu 74 dan kelas MM yaitu 70,61. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2.03 dan pada taraf signifikan α = 0,025 dengan dk = 70 diperoleh ttabel = 1,99. Oleh karena itu, thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran kooperatif tipe MM ditinjau dari hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Bulukumba pada materi pokok ikatan kimia.

Kata kunci :Number Head Together (NHT), Make A Match (MM), hasil belajar, Ikatan Kimia.

ABSTRACT

This study is a comparison research, with quasi-experimental method. The aimed of this research is to investigate the differences of the learning autocomes of students of Class X SMA Negeri 2 Bulukumba through using the cooperative model based Number Head Together and based Make A Match of cooperative learning. The study design was " Posttest Only Group Design". The population in this study were all the class X SMA Negeri 2 Bulukumba which is consists of 10 classes. The sample are class X.10 as experimental 1 and class X.9 as experimental 2. The number of students in each class is 36 students. The independent variable in this study are the cooperative model based NHT and based MM and the dependent variable is the learning autocome of students. Data of the learning autocome achieved by giving a test. Learning outcome data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The analysis showed result that, the average value of students learning outcomes of NHT class is 74 and MM class is 70.61. The results of hypothesis testing using t-test values obtained at tcount = 2.03 and α = 0.025 significance level with df = 70 obtained table = 1,99. Therefore, t count> t table, then H1 is accepted and H0 is rejected. It shows that there are significant differences between the cooperative learning model type NHT and cooperative learning model type MM in terms of learning outcomes of students of class X SMAN 2 Bulukumba in the subject matter of the chemical bonds.

Keywords: Number Head Together (NHT), Make A Match (MM), The learning outcomes of students, the Chemical Bonds

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hapsari, Natalia Diyah., Sulistyo Saputra., dkk. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match (Mm) Dan Numbered Head Together (Nht) Dengan Kemampuan Memori Terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 1 No. 1. Surakarta: Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret.

Purnamasari, Mustika., J.S Sukardjo.,dkk. 2013. Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Dan Make A Match (Mm) Pada Materi Koloid Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 1. Surakarta: Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 211 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id