Pengaruh Strategi Pembelajaran What’s My Line terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa

Eka Fitriana Hamsyah(1*),

(1) STKIP-Pembangunan Indonesia Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v20i1.13610

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesadaran metakognitif yang diajar dengan strategi What’s My Line ber-LKS induktif dengan strategi konvensional ber-LKS induktif siswa kelas XI IPA MAN Malakaji Gowa pada materi pokok sistem koloid. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan pretest- posttest control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN Malakaji Gowa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang dipilih secara acak. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan Analisis Of Covariance (Anacova) dengan bantuan SPSS For Windows 16,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kesadaran metakognitif siswa yang diajar dengan strategi What’s My Line ber-LKS induktif dengan strategi konvensional ber-LKS induktif pada materi pokok sistem koloid dengan signifikansi 0,15.

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Kesadaran Metakognitif


ABSTRACT

The study aimed at examining the difference of meta-cognitive who were taught by using What’s My Line of LKS Inductive strategy and the conventional of LKS Inductive strategy of grade XI IPA students at MAN Malakaji Gowa on Colloid system subject material. This study was a quasi-experiment research which employed pretest-posttest control group design. The population of the study was all grade XI students at MAN Malakaji consisted of 4 classes. Sample were selected randomly and obtained 2 classes, namely grade XI IPA 1 and XI IPA 2. The hypothesis test was analyzed using analysis of covariance (Anacova) supported by SPSS for windows 16.0 program. The result of the study revealed that (1) there was not difference of meta-cognitive awareness of student who were taught by using What’s My Line of LKS Inductive strategy and the conventional of LKS Inductive strategy on Colloid system subject material with the level of significant 0,15.

Keywords: learning strategy, meta-cognitive awareness

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Anatahime. 2009. Keterampilan Metakognitif.

(http//www.concern.net. Mei.2010, diakses 10 januari 2013).

Arifin. 2012. Perbandingan Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA yang diajarkan menggunakan Model Problem Basedinstruction (PBI) dengan Kooperatif Tipe Think Pare Share (TPS). (Studi pada siswa kelas X SMA Negeri

Sungguminasa). Tesis. UNM.

Arpin. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention Tipe Class Wide Peer Tutoring terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar. Pascasarjana: UNM.

Dahlan, M. 2012. Keefektifan

Penggunaan LKS dan Sikap terhadap Pembelajaran Kaitannya dengan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa SMP di Kabupaten Maros. Pascasarjana: UNM.

Fajriah. 2008. Penerapan Pembelajaran Metakognitif pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa kelas X.4. SMA Negeri 1 Makassar. Makassar: Jurusan Kimia FMIPA UNM.

Karmila. 2010. Pengaruh Strategi What’s My Line terhadap terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Kartika Wirabuana 1 Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar: Makassar

Priyatno. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susana. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Metakognitif terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMAN 1 Palopi.Tesis.Program Pascasarjana UNM.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 285 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id