Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Organik pada Pembuatan Bioetanol Berbasis Lingkungan

Rezky Wahyuni Cemang(1*), Muhammad Jasri Djangi(2), Muhammad Anwar(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i2.12778

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum kimia organik pada pembuatan bioetanol berbasis lingkungan yang layak digunakan ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa kimia FMIPA UNM sebanyak 15 orang yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Proses pengembangan penuntun praktikum kimia organik pada pembuatan bioetanol berbasis lingkungan melalui lima fase, yaitu: (a) Fase Investigasi Awal, (b) Fase Perancangan, (c) Fase Realisasi/ Konstruksi, (d) Fase Tes, Evaluasi, dan Revisi, dan (e) Fase Implementasi, pada akhirnya dihasilkan suatu produk akhir berupa penuntun praktikum kimia organik pada pembuatan bioetanol berbasis lingkungan yang valid dan praktis. Penuntun yang dimaksud adalah penuntun yang memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari bahan dan prosedur kerja dengan penuntun yang ada selama ini. Dalam penuntun yang dikembangkan tidak dituliskan secara langsung bahan yang digunakan dan prosedur kerja berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan mahasiswa untuk melakukan kegiatan praktikum tanpa menuliskan langsung langkah-langkah kegiatan praktikum secara terperinci. Hasil validasi dan praktisi dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Data kevalidan penuntun praktikum dengan menggunakan lembar validasi menunjukkan rata-rata total kevalidan 3,27 yang termasuk ke dalam kategori valid; (2) Lembar keterlaksanaan aktivitas mahasiswa berada dalam kategori terlaksana dengan nilai M ̅ = 1,8 dan angket persepsi mahasiswa menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa memberikan persepsi positif terhadap penuntun praktikum yang digunakan dengan persentase sebesar 86,67% dari keseluruhan aspek-aspek yang ditanyakan, maka penuntun praktikum kimia organik pada pembuatan bioetanol berbasis lingkungan termasuk ke dalam kategori sangat praktis dari segi persepsi mahasiswa.

Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Penuntun Praktikum, Model Plomp

ABSTRACT

This research is development that aim to develop the organic chemistry practical guidance on the manufacture of bioethanol based on environment that decent used in terms of validity and practicality. Subject in this research is students of Chemistry FMIPA UNM as much as 15 students with compotition 3 males and 12 females. The development of this practical guide was conducted through five phases, namely: (a) The Preliminary Investigation Phase, (b) Design Phase, (c) Realization/ Construction Phase, (d) The Test, Evaluation, and Revision Phase, and (e) Implementation Phase, in the end a final product in the form of guilding organic chemistry practical guidance on the manufacture of bioethanol based on environment was produced, which was valid and practical. Guidance in question is a guide that has a difference that can be seen from the material and working procedures with existing guidance all this time. In guilding the development is not written directly materials used and working procedures in the form of questions that direct students to undertake practical activities without writing directly measures detailed practical activities. This results of the validation and practitioners of this research indicated that: (1) Validation data practical guide use validation papers that show totally average 3,27 that mean valid; (2) Student activity sheets observation being in the category of permorming value of (M ) ̅= 1,8 and generally perception student about questionnaire showed that positive perception to practical guide that used with a percentace is 86,67% from all of aspects in question, then the organic chemistry practical guidance on the manufacture of bioethanol based on environment include in the category of very practical in terms of student’s perception.

Key Words: Research and Development, Practical Guide, Plomp Model

References


DAFTAR PUSTAKA

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Percival dan Ellington. 1998. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Rahayuningsih, E., dan Dwiyanto, D. 2005. Pembelajaran di Laboratorium. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan UGM.

Tirtarahardja, U. 2010. Pengantar Pendidikan (Edisi Revisi). Makassar: Badan Penerbit Univesitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 434 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : [email protected]