RESPON PENGALAMAN ESTETIS PENONTON PENTUNJUKAN WAYANG KULIT SINGKAT DI MUSEUM SONOBUDOYO YOGYAKARTA

Rahmat Kurniawan(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/bl.v1i3.39060

Abstract


Penelitian ini menfokuskan kepada pertunjukan Wayang Kulit Singkat di Yogyakarta, pertunjukan ini dikemas menjadi singkat sebagai bentuk dari apresiasi wisatawan supaya bisa dinikmati. Secara umum Pertunjukan wayang yang biasanya di sajikan dalam waktu yang cukup lama sekitar tiga sampai empat jam dipersingkat menjadi satu jam. Metode yang digunakan adalah pengamatan terhadap respon pentonton wayang singkat yang terbagi antara penonton wisata lokal dan internasional. Berdasarkan hasil pengamatan dalam penelitian di lapangan yaitu Inovasi yang dibuat oleh Museum Sonobudoyo inilah yang membuat pengalaman estetis penonton berbeda dari pertunjukan biasanya dan dalam upaya untuk melestarikan suatu kebudayaan dengan suatu kemasan yang unik. Pengalaman itu dilihat dari reaksi wisatawan yaitu wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Dari kedua kategori itu mengalami pengalaman estetis yang berbeda seperti respon, reaksi, perilaku, ekpresi wajah dan gestur mereka ketika menonton wayang.

Kata Kunci: Estetis, Wayang Kulit, Museum, Respon Musikal.

 


Keywords


Estetis; Wayang Kulit; Museum; Respon Musikal

Full Text:

PDF

References


Belliveau, George et al. 2018. Performer and Audience Responses to Ethnotheatre: Exploring Conflict and Social Justice. Sage Journal.

Hirvi, Maria. 2004. The Aesthetic Experience and The Gesture Exposure.The Nordic Journal Of Aesthetics.

Hong, Hyehyun. 2014. Audience responses to television news coverage of medical advances: The mediating role of audience emotions and identification, Sage Journal.

Shuo, Yan et al. 2017. Exploring Audience Response in Performing Arts with a Brain-Adaptive Digital Performance System, Beijing University.

Suar, Damodar dkk .2009. Audience Response to Gender Role Portrayals in Indian Advertisements.Sage Journal.

Tompson, Sam. 2006. Audience responses to a live Orchestral Concert, Sage Journal.


Article Metrics

Abstract view : 125 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
Email: botinglangi@gmail.com

Creative Commons License
Boting Langi: Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Boting Langi indexed by