Pengembangan Modul Biologi pada Materi Ekosistem Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas X SMA Muhamdiyah Kota Tarakan
(1) Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v17i1.2596
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa modul Biologi pada materi ekosistem berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tarakan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan Sugiyono. Pengembangan modul menggunakan model pengembangan Sugiyono (2010), terdiri dari 6 langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, dan (6) ujicoba produk. Berdasarkan analisis modul dari ahli materi dan mediapada materi Ekosistem berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan sudah valid dan layak digunakan. Hasil uji ahli Materi pembelajaran dengan rata-rata 4,29 terletak pada kualifikasi valid. Hasil uji ahli desain pembelajaran dengan rata-rata 4,33 terletak pada kualifikasi valid. Hasil uji respon siswa sebesar 94,7%. terletak pada kualifikasi sangat baik. Hasil tanggapan pendidik untuk uji lapangan dengan persentase 94% terletak pada kualifikasisangat baik. Hasil perhitungan tes hasil belajar berdasarkan ketuntasan klasikal uji coba modul dengan rata-rata 88.88% siswa yang tuntas.
Kata kunci: Pengembangan, Modul Biologi , dan Problem Based Learning
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 719 times | PDF view : 2098 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 bionature
Published By:
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar
Contact Person
Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: [email protected]
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.