Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Diajar dengan Metode Problem Solving dan Metode Course Review Horay pada Siswa Kelas IX IPA SMP Jaya Negara Makassar

Yusniar Rasjid(1*),

(1) STKIP Pembangunan Indonesia Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/bionature.v16i2.2466

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuimetode pembelajaran yang efektif antara metode Problem Solving dengan Metode Course Review Horay yang diterapkan pada siswa kelas IX IPA SMPJaya Negara Makassar. Desain pada penelitian ini menggunakan desain Randomized control group design. Untuk melihat metode pembelajaran yang lebih baik dilihat dari nilai antar kelas eksperimen serta adanya peningkatan nilai siswa dari setiap perlakuan perkelas. Berdasarkan data hasil penelitian, hasilbelajar biologi siswa Kelas IX yang diajar dengan menggunakan metode Problem Solving  memperoleh skor rata-rata 79 dengan yang tuntas 24 siswa atau 80% dan yang tidak tuntas 6 siswa atau 20% dari 30 siswa. Hasil belajar biologi siswa Kelas IX yang diajar dengan menggunakan metode Course Review Horay memperoleh skor rata-rata 81 dengan yang tuntas 26 siswa atau 86,7% dan yang tidak tuntas 4 siswa atau 13,3% dari 30 siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,65  pada taraf signifikan α = 0,05, dan dk = 58. Diperoleh Ttabel = 1, 6795 karena thitung> ttabel, berarti h0 ditolak dan h1 diterima. Artinya pada tingkat kepercayaan  95% disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Course Review Horay lebih baik  dibandingkan  hasil belajar dengan menggunakan metode Problem solving.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 218 times | PDF view : 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 bionature



Published By:

Jurusan Biologi 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar

Contact Person

Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id 
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature    

 

Creative Commons License
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.