FRATER MAKASSAR 初中九年级学生使用汉语的结构助词"的、得、地" 的能力
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v3i1.45396
Abstract
摘要
本研究是一项定量描述性研究,旨在获取SMP Frater Makassar 九年级学生在汉语句 子中使用结构助词 “的、得、地” 论文的数据。本研究中的论文是 IX E 班 SMP Frater Makassar 班,由 7 个班级共有210 学生。抽样技术采用随机抽样、因此本研究的样本 为IX E 班学生,共有 30 学生。本研究的数据来自对错测试、填充和写作测试。 使 用百分比技术分析数据、结果为 91,1%。 结果表明,在汉语句子中结构助词“的、得、 地”的使用能力水平上、学生处于属于非常好(91,1%)。
关键词:结构助词,的,得,地,汉语。
Full Text:
PDFReferences
Alwi & Sugono. 2000. Politik Bahasa. Jakarta Pusat: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional
Amri, Y.K. 2015. Bahasa Indonesia: Pemahaman Dasar-dasar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Atap Buku
Angela, S. (2018). Analisis Kessalahan Penggunaan Kata Bantu Struktural “的,得,地” Pada Mahasiswa Angkatan 2017. Surabaya: Universitas Kristen Petra
Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Congdro, Sherlly. 2011. Analisis Kesalahan Penggunaan Kata “X 然” Sebagai Keterangan,
Sifat dan Konjungsi dalam Kalimat Bahasa Mandarin oleh Pelajar Khusus Bahasa Mandarin zhongwen Medan 汉语中“~然”类词 语偏误分析. Skripsi: Universitas Sumatra Utara
Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pelajar Bahasa. Jakarta: PT. Indek
Elmira, E. Dkk. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Bantu 的 [De] Dan 得 [De] Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Kelas XI SMA Islam Athirah 1 Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Iskandar, M.C.C. (2013). Analisis Dan Metode Pengajaran Tiga Kata Bantu ”DE” . Jakarta: Universitas Bunda Mulia
Junaeny, A. (2020). Perbandingan Partikel DE 的 Bahasa Mandarin Dengan Kata Berfungsi Sama Dalam Bahasa Indonesia. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Liana, S. (2017). Kesalahan Penggunaan Kata Bantu Struktural “DE(的)” Mahasiswa STBA-PA Medan. Medan: STBA-PA
Liu, Y.H. (2004). Shiyong Xiandai Hanyu Yufa. Beijing: Shangwu Yinshuguan
Li, X.Q.(2005). Xiandai Hanyu Xuci Jiangyi. Beijing: Beijing Daxue Chubanshe
Mc Shane & Glinow, 2007. Organizational Behavior , Fourth Edition, Mcgraw Hill
international edition ,2008. Prentice Hall.
Munib, Achmad. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Ber basis Kompetensi.
Yogyakarta: BPFE.
Purwanto, M. N. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT
Remaja Rosdakary
Qhomariah, Dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting terhadap
Kemampuan Tata Bahasa 的 (De),得 (De),地 (De) Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang
Robbins & Timothy. 2008. Perilaku Organisasi Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Suparto.(2003). Tata Bahasa Mandarin Itu Mudah. Jakarta: Puspa Swara
Sutami, Hermina. 2016. Fungsi Dan Kedudukan Bahasa Mandarin Di Indonesia. Depok:
Universitas Indonesia
Sutami, Hermina. 2007. Kekhasan Pengajaran Bahasa Mandarin Di Indonesia. Depok:
Universitas Indonesia
Setiawan, Yasin. 2006. Perkembangan Bahasa.
Wiratno, Tri. 2018. Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Yogyakarta - Pustaka Pelajar
Wiratno & Santosa. 2014. Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Jakarta: Universitas Terbuka
Yanggah, M. E. (2013). 初级阶段印尼学生使用结构助词. Surabaya: Universitas Widya Kartika Surabaya
Yang, D. (2017). About Division and Mergence of “De(的)” “De(地)” and “De(得).” Zhang,Y.S & Zhang, B. Xiandai Hanyu Xuci. Huadong: Huadong Daxue Chubanshe
左翠玲. Z. C. (2008). 试析“ 的、地、得”在文章中的使用.
Article Metrics
Abstract view : 117 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Vinsensia Suldianti, Syarifah Fathimah A.I., Mir'ah Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id Contact: +6281354525821