Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Melalui Metode Pembelajaran Langsung (Direct Method) Siswa Kelas X SMA Celebes Global School Makassar

Ince Nur Maekahas Intamir Syah(1*), Nurming Saleh(2), Arini Junaeny(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v3i1.45393

Abstract


ABSTRAK

Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Mandarin siswa melalui metode pembelajaran langsung (Direct Method) Sampel penelitan ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berbicara bahasa Mandarin dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua yaitu kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa metode pembelajaran langsung (Direct Method) meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa Mandarin dari siklus I rata-rata yang diperoleh yaitu 74,75 dan pada siklus II dengan rata-rata 83,7. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara bahasa Mandarin seluruh siswa mengalami peningkatan sebesar 9%.

Kata Kunci : Direct Method, Keterampilan, Berbicara, Bahasa Mandarin ABSTRACT

This research aims to improve students' Mandarin language skills through the direct learning method (Direct Method). The sample of this research is 10th-gradeChinese students. This research is a classroom action research that consists of two cycles. Each cycle consists of two meetings. The instrument used was a test of Chinese speaking skills and an observation sheet. The data analysis technique used in this study consisted of two, namely qualitative and quantitative. The results showed that the direct learning method (Direct Method) improved students' Mandarin speaking skills. This can be proven by an increase in Chinese speaking skills from the first cycle, the average obtained is 74.75 and in the second cycle, the average is 83.7. These results indicate that the Chinese speaking skills of all students have increased by 9%.

Keywords: Direct Method, Skills, Speaking, Mandarin


Full Text:

PDF

References


Anggraini, N. f. (24 januari 2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara (online). Arikunto. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta:Rineka Aksara. Daryanto, & Karim. (2017:82). Model Pembelajaran Langsung, Pembelajaran Abad 21.

Yogyakarta:Gava Media.

Depdiknas. (2021). Mengenal Cara Pembelajaran dengan Direct Method dan Natural

Mehod (Metode Natural dan metode langsung).

Djiwandono, s. (2008). Tes Bahasa: Pegangan bagi pengajar bahasa. Bandung: PT Indeks. Djumingin, Rosida, dan, & Bakhtiar. (2014.205-206). Penilaian Berbicara.

Dok. (2017). Ciri-Ciri dan Langkah-Langkah Direct Method Metode Pembelajaran

Langsung.

Eggen, Paul, dan, & Kouchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT

Indeks.

Fandy. (2014). Pengertian Direct Method. Tarakan

Fasaaro. Hulu. & Ambalegin. (2018). Efektifitas Direct Method Dalam Peningkatan

Kemampuan Berbicara. 5, 23.

Halisah, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Universitas Negeri Makassar. Haryadi, Zamzani, dalam, & Pratiwi. (2018). Pengertian Berbicara. Bandung.

Ika, I. (2017). Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Langsung. Semarang: Blogspot.

Killen, N. (2012:155). Model Pembelajaran Langsung. Surabaya.

lǐxiǎoqí. (2006). 口语教学的主要任务 kǒuyǔ jiàoxué de zhǔyào rènwù . China Beijing.

Maharuddin, P. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM. Mulyati, yeti, & &. i. (2018). Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Tanggerang

Selatan (Universitas terbuka .

Mulyati. (2014). Tujuan Utama Berbicara. Kacamatan Tulungagung. Artikel.

Setyanto, N. (2016). Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika Dija Indria.

, 6.

Shoimin. (2016:64). Direct Method atau Pembelajaran Langsung. Yogyakarta.

Slamet, & Saddhono. (2012: 38). Jenis-Jenis Berbicara dan Tinjauannya. Yogyakarta. Slavin, & Trianto. (2015). Model Pembelajaran Kurikulum, Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif. Jakarta.

Sudrajat, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan

(LPMP) Jawa Barat.

Supriyana, A. (2014). Hakikat Berbicara. Modul.

Suyanto, & Siswanto. Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif dan Kuantitatif Pada

Penelitian Tindakan (PTK&PTS). Klaten: Bosscript.

Tim penyusun kamus besar bahasa Indonesia. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia

(KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.

Utami, D. I. (2015). Keterampilan Berbicara dan Aspeknya. DKI.

yàn, T. (2010). 口语 kǒuyǔ. Beijing Wangwen. Yogyakarta UNY .

Zaini, H., & dkk. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Center For Teaching Staff Develoment.

Zainurrahman. (2011). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ince Nur Maekahas Intamir Syah, Nurming Saleh, Arini Junaeny

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by:

Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id  Contact: +6281354525821


This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.