KEYAKINAN GURU DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI KELOMPOK BERMAIN DAN TAMAN KANAK- KANAK KHARISMA MAKASSAR

Himala Praptami Adys(1*), Himaya Praptami Adys(2), Misnawaty Usman(3),

(1) STMIK Kharisma Makassar
(2) STMIK Kharisma Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v3i1.45388

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dirancang untuk memberikan informasi tentang keyakinan guru dalam mengajarkan kosakata bahasa Inggris di kelas pada Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Kharisma Makassar. Terdapat tujuh orang guru sebagai subjek penelitian. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyakinan guru dalam mengajarkan kosakata bahasa Inggris terletak pada kemampuan guru menguasai konsep pembelajaran bahasa asing untuk anak, memahami peran guru dalam mengajar dan pentingnya pendekatan komunikatif dengan anak.

Kata Kunci: Keyakinan Guru, Pengajaran Kosakata, Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Cicekci, M. A., & Sadik, F. (2019). Teachers’ and Students’ Opinions About Students’ Attention Problems During the Lesson. Journal of Education and Learning, 8(6), 15. https://doi.org/10.5539/jel.v8n6p15

Erben, T., Ban, R., & Castañeda, M. (2008). Teaching English language learners through technology. In Teaching English Language Learners through Technology. https://doi.org/10.4324/9780203894422

Gilakjani, A. P., & Sabouri, N. B. (2017). Teachers’ Beliefs in English Language Teaching and Learning: A Review of the Literature. English Language Teaching, 10(4), 78. https://doi.org/10.5539/elt.v10n4p78

Kuntaro, E. (2017). Memahami Konsepsi Psikolinguistik. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, 98.

Miles, Mattew B, A. Michale Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis. In SAGE. https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124–140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12

Team Sumar Hendayana, et al, (2009: 34), M. I. (2015). Teaching Productive Skills to the Students: A Secondary Level Scenario. A Thesis, 1–90. https://core.ac.uk/download/pdf/74352632.pdf

Willis, P. (2006). The golden age. On Record: Rock, Pop and the Written Word, 35–45. https://doi.org/10.4324/9780203993026

Yang, N., Shi, J., Lu, J., & Huang, Y. (2021). Language Development in Early Childhood: Quality of Teacher-Child Interaction and Children’s Receptive Vocabulary Competency. Frontiers in Psychology, 12(July). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.649680


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Himala Praptami Adys, Himaya Praptami Adys, Misnawaty Usman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Published by:

Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: wenchuang@unm.ac.id  Contact: +6281354525821


This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.