ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BANTU BILANGAN [Liàngcí 量词] DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS VIII SMP KALAM KUDUS MAKASSAR

Arfika Julianti(1*), Syukur Saud(2), Misnawaty Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/wenchuang.v1i1.23036

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Kalam Kudus Makassar dalam penggunaan kata bantu bilangan [Liàngcí 量词] dalam kalimat bahasa Mandarin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan tes penggunaan kata bantu bilangan dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kesalahan yang dikemukakan oleh Ellis. Sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kalam Kudus  Makassar yang terdiri dari 20 siswa. Data penelitian ini bersumber dari analisis kesalahan penggunaan kata bantu bilangan [liàngcí量词] dalam kalimat bahasa Mandarin. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan kata bantu bilangan sebanyak 162 total kesalahan. Kesalahan penggunaan kata bantu bilangan [Liàngcí 量词]  berdasarkan kategori kesalahan yaitu hampir tidak ada kesalahan adalah kata bantu bilangan个sebanyak 8,02%; zhī 只sebanyak 9,25%; tái台sebanyak 9,87%; shuāng双sebanyak 9,25%; kǒu口sebanyak 9,25%; suì岁sebanyak 8,02%. Kesalahan penggunaan kata bantu bilangan [Liàngcí 量词] berdasarkan kategori kesalahan yaitu kurang sekali adalah kata bantu bilangan bēi 杯sebanyak 10,49%; běn本sebanyak 12,34%; wèi 位sebanyak 11,11%; jiàn件sebanyak 12,34%. Hasil angket menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya kesalahan kata bantu bilangan [Liàngcí 量词] yaitu kurangnya perbendaharaan kosakata, kurangnya siswa dalam mengulangi pelajaran, kurangnya ketelitian.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan,  Kata Bantu Bilangan [liàngcí 量词, Bahasa Mandarin.


Full Text:

PDF

References


Cerianti, Cherry. 2011. Analisis Konstratif Kata Bantu Bilangan Dalam Bahasa Mandarin Dan Bahasa Indonesia. Medan: Skripsi Sarjana.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada.

Erwani, Intan. 2012. Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Benda Bantu Bilangan

( 名量 报 ) dalam Bahasa Mandarin 印尼学生 “ 名量 报 ” 偏 报 分析( Yìnní Xuéshēng “Míng Liàngcí” Piān Wù Fēnxī ) Universitas Sumatera Utara. Medan: Skripsi Sarjana.

Purwanto, S. 2012. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukmanagsi, A. P. 2016. Analisis Kesalahan Kata Benda Bantu Bilangan.

Semarang: Skripsi Sarjana.

Suparto. 2003. Tata Bahasa Mandarin itu Mudah. Jakarta: Puspa Bahasa.

Tarigan, Henry Guntur. (1984). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Yong Xin, Zhao. 2005. Intisari Tata Bahasa Mandarin. Bandusng: Rekayasa Sains.


Article Metrics

Abstract view : 389 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wen Chuang





Published by:

Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

Fakutas Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Daeng Tata Raya Kec. Parangtambung Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected]  Contact: +6281354525821


This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.