Hubungan Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Biologi Kelas XII MAN 1 Mamuju
(1) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pascasarjana Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v7i1.46606
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian ex- post facto yang bertujuan untuk (i) mendeskripsikan motivasi belajar, lingkungan belajar dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran biologi kelas XII MAN 1 Mamuju; (ii) menganalisis hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran biologi kelas XII MAN 1 Mamuju; (iii) menganalisis hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran biologi kelas XII MAN 1 Mamuju; (iv) menganalisis hubungan antara motivasi belajar, lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran biologi kelas XII MAN 1 Mamuju. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MAN 1 Mamuju dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XII yang berjumlah 132 peserta didik dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data melalui angket motivasi belajar dan angket lingkungan belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis berupa regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) deskriptif motivasi belajar, lingkungan belajar dan hasil belajar peserta didik berada dikategori sedang; (ii) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai korelasi sebesar 27%; (iii) terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai korelasi sebesar 31%; (iv) terdapat hubungan antara motivasi belajar, lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai korelasi sebesar 32,7%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chung, E., Subramaniam, G., & Dass, L. C. 2020. Online Learning Readiness among University Students in Malaysia amidst COVID-19. Asian Journal of University Education, 19. https://eric.ed.gov/?id=EJ1267359
Ginder, S., & Stearns, C. 2014. Enrollment in Distance Education Courses, by State: Fall 2012. National Center for Educational Statistics, 1–43. http://nces.ed.gov/pubs2014/2014023.pdf
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hayati, R. P. N. 2015. Pengaruh Lingkungan Belajar di Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK Bina Mandiri Indonesia Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(1).
Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.
Maretasari, E., B. Subali., & Hartono. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal, 2252-6935.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151.
Parawansa, K. I. 2020. Surat Edaran Gubernur Jawa Timur.
Rahmawati, E. 2016. Faktor-Faktor Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Pujokusuman I Yogyakarta. Basic Education, 5(29), 2-741.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar (PT Rajagra).
Tu’u, T. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Rimeka Cipta.
Utaminingtyas, S., Subaryana, S., & Puspitawati, E. N. E. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 69-76.
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Wuryani, dkk. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Zamsir., Prajono R.,& Sari M. S. 2021. Pengaruh Motivasi dan Persepsi Kesadaran Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI SMAN 4 Wangi-Wangi. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(1), 134-148.
Article Metrics
Abstract view : 134 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurwahyudin Najamuddin, Abd. Muis, Muhammad Arsyad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh
Program Study Pendidikan Biologi
Program Pasca Sarjana UNM
Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222
Email : ujb@unm.ac.id
p-ISSN : 2581-1959
e-ISSN : 2581-1967
Terindeks Oleh