Pengembangan Buku Ajar Berbantuan Kartu Kwartet Pada Materi Biologi Semester Genap Kelas XI SMA/MA

Salmawati Salmawati(1*), Nurhayati B(2), Adnan Adnan(3),

(1) Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ujbe.v6i1.35456

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analyze, design, development, implementation dan evaluation. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMAN 1 Wonomulyo kelas XI MIPA 5. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari - Juni 2021. Buku ajar berbantuan kartu kwartet yang dikembangkan berdasarkan komponen pembelajaran kontekstual yaitu constructivism, questioning, inquiry, learning community, modeling, reflection dan authentic assessment. Buku ajar berbantuan kartu kwartet yang dikembangkan kemudian diuji validitas hingga dinyatakan valid oleh validator lalu diimplementasikan untuk mengetahui observasi keterlaksanaan, respon guru dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar berbantuan kartu kwartet yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan (4,7), kepraktisan dari hasil lembar observasi keterlaksanaan berada pada kategori terlaksana dengan baik (4.5), respon guru berada pada kategori sangat positif (90%), respon peserta didik berada pada kategori sangat positif  (86%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbantuan kartu kwartet yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.


Keywords


Buku ajar Berbantuan Kartu Kwartet, Kevalidan, Kepraktisan.

Full Text:

PDF

References


Adisendjaja, Y. H. and Romlah, O. 2007. Analisis buku ajar sains berdasarkan literasi ilmiah sebagai dasar untuk memilih buku ajar sains (Biologi), Disampaikan dalam Seminar Pendidikan Nasional di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA, 25–26.

Adnan, Saenab, S. dan Muis, A. 2017. Karakteristik Buku Ajar Elektrik Biologi Dasar Berbasis Konstruktivis (E-Book Biodas), Seminar Nasional LP2M UNM.

Anggela, M. 2013. Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai-nilai Karakter Pada Materi Usaha dan Momentum untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA, Pillar of Physics Education, 1(1).

Blystone, R. V. 1987. College Introductory Biology Textbooks: An Important Communicative Tool, The American Biology Teacher, 49(7), 418–425.

Bryant, L. et al. 2014. Can Playing Monopoly Enhance Learning For Property Students?, Proceedings of the 20th Annual Pacific Rim Real Estate Society Conference. Pacific Rim Real Estate Society, 1–8.

Danim, S. 2013. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas, D. 2008. Rajawali Pers. Jakarta: Dikmenum.Depdiknas.

Hala, Y. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Konsep Ekosistem Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama, Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3).

Hasibuan, M. I. 2014. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)’, Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2(01).

Haviz, M. 2016. Research and development; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna, Ta’dib, 16(1).

Karsono, K. et al. 2014. Penggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan pemahaman keberagaman seni tradisi nusantara pada siswa sekolah dasar’, Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 43–49.

Millah, E. S., Budipramana, L. S. and Isnawati 2012. Pengembangan buku ajar materi bioteklogi di kelas XII SMA IPIEMS Surabaya berorientasi sains, teknologi, lingkungan, dan masyarakat (SETS)’, Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 1(1).

Mujib. F, R. 2011. Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Nasution, S. H. et al. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa pada Topik Dimensi Tiga Kelas X, Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 903–913.

Nurhadi 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah.

Oktaviatna, D. F. and Lutfi, D. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Monopoli Tumbuhan (Montum) Tentang Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Untuk Peserta Didik Kelas VII, Journal Biosains, 1(2).

Silberman, M. L. 2006. Aktive Learning 101 Cara Belajar Aktif. Bandung: Nusa Media.

Stake, R. E., Easley, J. A. and Anastasiou, C. J. 1978. Case Studies In Science Education. Center for Instructional Research and Curriculum Evaluation, University of Illinois at Urbana-Champaign.

Sudarisman, S. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013, Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 189 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Salmawati Salmawati, Nurhayati B, Adnan Adnan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh

Program Study Pendidikan Biologi

Program Pasca Sarjana UNM

Address : Jl. Bonto Langkasa, Gedung AD PPs UNM, Makassar 90222

Email : ujb@unm.ac.id

p-ISSN : 2581-1959

e-ISSN : 2581-1967

Terindeks Oleh


 Hasil gambar untuk google scholars icon

Creative Commons License