Improving Student Learning Result Using Slide Media And Animated Media In Class X Geography Material SMA Negeri 2 Bantaeng
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Univesitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ugj.v2i1.5909
Abstract
This study aims: To determine differences in learning outcomes of students of class X by using media power point To determine the differences in the results of class X student using animation media. This type of research used in this research that the type of research experiments. The subjects of this study consisted of an experiment I, using media power point and experimental group II were using media animation using animasi.Populasi media in this study were all students of class X SMA Negeri 2 Bantaeng. Sampling with purposive sampling technique, so the sample is X.is.1 class and X.is.2 SMAN 2 Bantaengdengan consideration the average value of report cards are not much different for subjects geografi.Instrumen research use tests and assignments, while analysis Data processed by using the t test. The results showed that : Results of study on X.is.1 class based on learning outcomes obtained 28.40 .While X.is.2 33,80. tcount>ttable)(t=5,22and table = 7.42)Dari these data it can be concluded that the use of media is more animated films increased compared to the use of media slides ( power point ).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariawan.Lutfi.2012.Efektifitas Penggunaan Media pembelajaran Geografi untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas x di SMA NEGERI 1 BULUKUMPA pada materi Hidrosfer.Skiripsi FMIPA UNM.
Amir,Baso,Amir.2011.Peningkatan Belajar Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Pada Siswa Kelas x SMA NEGERI 1 Kaaena Kabupaten Luwu Timur.Skiripsi.Makassar.FMIPA UNM.
Adidit.blogspot.2011.rencana pelaksanaan pembelajaran geografi.
Djunijanto. 2009.Ariawan.Lutfi.2012.Efektifitas Penggunaan Media pembelajaran Geografi untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas x di SMA NEGERI 1 BULUKUMPA pada materi Hidrosfer. Skiripsi. FMIPA UNM.
Amir,Baso,Amir.2011.Peningkatan Belajar Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Pada Siswa Kelas x SMA NEGERI 1 Kaaena Kabupaten Luwu Timur. Skiripsi. Makassar. FMIPA UNM.
Adidit.blogspot.2011.rencana pelaksanaan pembelajaran geografi.
Djunijanto. 2009.pendekatan-dan-prinsip-geografi.Bogor.
Hermanto,Gatot.2013.Geografi untuk SMA Kelas X (peminatan). Bandung:Yrama Widya.
Hartono.2007. Geografi:jelajah bumi dan alam semesta.Bandung untuk kelas X SEKOLAH menengah atas /madrasah aliyah:Cv Citra Praya
Herubudi,setyawan.2011.modul-geografi untuk SMA dan MA Kelas X.Bandung.
Iwan gatot sulistyanto,2009.geografi 1,untuk Sekolah Menengah Atas Dan madrasahaliyah kelas X.2009,
Kopitegeografi.blogspot.com/2013/05/pengertian-geografi-prinsip
Kun Marlina Kubis.2008.Geografi untuk SMA kelas X.Jakarta:Grasindo
Malik abdul karim.2010.kajian-buku-ajar-geografi sma ma kelas X.Yogyakarta:Rineka Cipta.
Maulanamaghribi.blogspot.com.2013 prinsip-prinsip-geografi.
Meurah, cut,jaya, wangsa, dan katarina yuli. 2006. Geografi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Phiebta.
Ruhimat, Mamat, Yani, Ahmad..2007.Geografi Menyingkap Fenomena Geosfer untuk kelas x Sma/Madrasah Aliyah. 2007. Bandung. Grafindo Media Pratama.
Sudjana, A.S.,Rahardjo, R.,Haryono,A.,& Rahadjito.2000.Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya,edisi 1. Jakarta: Penerbit CV.Rajawali
Sudjana, Nana.2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Sudjana. 2005. Metoda Statistika Edisi 6. Penerbit Tarsito.Bandung
Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Tarsito.Bandung
Utoyo, Bambang. 2007. Geografi:Membuka Cakrawala Dunia untuk SMA dan MA Kelas X. Bandung: Setia Purna.
Wardiyatmoko,K.2006.Geografi untuk SMA Kelas X.Jakarta:Erlangga
pendekatan-dan-prinsip-geografi.Bogor.
Hermanto,Gatot.2013.Geografi untuk SMAKelasX(peminatan).Bandung:Yrama Widya.
Hartono.2007.Geografi:jelajah bumi dan alam semesta.Bandung untuk kelas X SEKOLAH menengah atas /madrasah aliyah:Cv Citra Praya
Herubudi,setyawan.2011.modul-geografi untuk SMA dan MA Kelas X.Bandung.
Iwan gatot sulistyanto,2009.geografi 1,untuk Sekolah Menengah Atas Dan madrasahaliyah kelas X.2009,
Kopite-geografi.blogspot.com/2013/05/pengertian-geografi-prinsip
Kun Marlina Kubis.2008.Geografi untuk SMA kelas X.Jakarta:Grasindo
Malik abdu karim.2010.kajian-buku-ajar-geografi smamakelasX.Yogyakarta:Rineka Cipta.
Maulanamaghribi.blogspot.com.2013 prinsip-prinsip-geografi.
Meurah,cut,jaya,wangsa,dan katarina yuli.2006.Geografi untuk SMA Kelas X.
Jakarta:Phiebta.
Ruhimat,Mamat,Yani,Ahmad..2007.Geografi Menyingkap Fenomena Geosfer untuk kelas x Sma/Madrasah Aliyah.2007.Bandung.Grafindo Media Pratama.
Sudjana, A.S.,Rahardjo, R.,Haryono,A.,& Rahadjito.2000.Media pendidikan: pengertian,pengembangan dan pemanfaatannya,edisi 1. Jakarta:Penerbit CV.Rajawali
Sudjana, Nana.2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Sudjana.2005.Metoda Statistika Edisi 6. Penerbit Tarsito.Bandung
Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan.Penerbit Tarsito.Bandung
Utoyo, Bambang. 2007. Geografi:Membuka Cakrawala Dunia untuk SMA dan MA Kelas X. Bandung: Setia Purna.
Wardiyatmoko,K.2006.Geografi untuk SMA Kelas X.Jakarta:Erlangga
Article Metrics
Abstract view : 334 times | PDF view : 28 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Kiky Angreny
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UNM Geographic Journal is Indexed in
Editorial Office of UNM Geographic Journal: