The Effectively Of PAILKEM Learning Strategy In Outdoor Study Method For The Geography Learning Achievement Of The Students In Class XI IPS SMA Negeri 1 Tanete Rilau Barru
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ugj.v1i1.3644
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Hanafie Hallaf Prasad. 2011. Media pembelajaran Geografi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Anshoriy, Nasruddin dan Sudarsono. 2008. Kearifan Lingkungan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi P, Ichwan. 2009. Proposal. Http://cuchuz.blogspot.com. Diakses pada tanggal 15 januari 2014.
Hamalik, Oemar. 2003. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Abadi
Hartutik. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hatimah Ihat,dkk. 2007. Pembelajaran Berwawasan Masyarakat. Jakarta: Universitas Terbuka.
Jauhar, Mohamad. 2011. Implementasi PAILKEM dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Setia
M. Anggoro Toha, dkk. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Univeristas Terbuka
Nana Sudjana. 1995. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nurgana. 1985. Efektivitas Pembelajaran. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.http://agungprudent.wordpress.com/2009/06/18/efektifitaspembelajaran/. Diakses: 15 Januari 2014.
Purwanto, M. Ngalim. 1986. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Puti, Rahmah D. 2012. Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA dengan Metode Outdoor Study pada Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 01 Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS. Surakarta.
Reza Hanifah. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran PAILKEM dengan Media Audio Visual Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Semester II SD N 01 Windurojo. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP IKTP PGRI Semarang. Semarang.
Satriani Andi. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Geografi Pada Materi Pokok Lingkungan Hidup Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 3 Salomekko Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Skripsi. Program studi pendidikan geografi Jurusan geografi Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas negeri Makassar. Makassar.
Savinainen, A & Scott, P. 2002. The Force Concept Inventory. A Tool for Monitoring Student Learning. Physics Education.
Singarimbun, Masri dan Sofyan Efendi. 1989. Metodelogi Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suherman, E. 1990. Petunjuk Praktek Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan Matematika untuk Guru dan Calon Guru Matematika. Bandung: Wijaya Kusuma.
Sukarto. 2011. Macam-macam Metode Pembelajaran Kelebihan dan Kekurangannya. Http://id.shvoong.com. Diakses pada tanggal 15 Januari 2014.
Suprijono, Agust. 2010. Cooferatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tika, Pabundu. 1997. Metodelogi Penelitian Geografi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Umar Ramli, M.si. 2008. Eksistensi dan Kajian Geografi. Makassar: badan penerbit UNM.
Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: Diva Press.
Article Metrics
Abstract view : 442 times | PDF view : 136 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 UNM Geographic Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UNM Geographic Journal is Indexed in
Editorial Office of UNM Geographic Journal: