ANALISIS PERILAKU PENGELOLAAN AIR LIMBAH INDUSTRI PADA KAWASAN INDUSTRI KOTA MAKASSAR

Herman Rachman(1*), M. Ichsan Ali(2), Moh. Ahsan S. Mandra(3),

(1) Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v4i3.22971

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku karyawan terhadap Pengelolaan Air Limbah di kawasan Industri Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah karyawan yang berada pada divisi lingkungan dalam kawasan industri Kota Makassar. Sampel penelitian berjumlah 95 responden dengan penentuan anggota sampel dilakukan menggunakan metode purpossive sampling.  Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, sikap, motivasi dan perilaku karyawan dalam pengelolaan air limbah di Kawasan Industri Kota Makassar berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji statistik inferensial terdapat pengaruh pengetahuan terhadap perilaku pengelolaan air limbah sedangkan, sikap dan motivasi tidak memilki pengaruh terhadap perilaku pengelolaan air limbah di kawasan industri Kota Makassar.


Keywords


Knowledge, Behavior, Wastewater Management

Full Text:

PDF

References


Kumar, A., & Pal, D. (2018). Antibiotic resistance and wastewater: correlation, impact and critical human health challenges. Journal of environmental chemical engineering, 6(1), 52-58.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup. Nomor 03 Tahun 2010. Tentang. Baku Mutu Air Limbah Bagi Kawasan Industri.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 245 dan Nomor Tambahan Lembar Negara 6673).

Xu, Z., Zhou, Y., Li, Q., & Wang, H. (2021). Urban Waste Management Issues in China: With Special Reference to Municipal Solid Waste. In Waste Management Policies and Practices in BRICS Nations (pp. 55-72). CRC Press.


Article Metrics

Abstract view : 406 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.