Efektivitas Psikoedukasi Strategi Belajar dan Manajemen Stress pada Siswa SMA Negeri 1 Cerme, Gresik

Masturi Syifa(1*), Citrawanti Oktavia(2),

(1) Fakultas Psikologi, UniversitasMuhammadiyah Gresik
(2) Fakultas Psikologi, UniversitasMuhammadiyah Gresik
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak.  Pandemi Covid -19 berdampak besar bagi perubahan di segala aspek kehidupan manusia, terutama dalam bidang akademik. Adanya perubahan sistem pendidikan dari tatap muka menjadi daring dan luring tentunya menjadi tantangan adaptasi pada anak sekolah menengah atas. Oleh karena itu, perlu adanya psikoedukasi sebagai penguatan menjalani adaptasi gaya belajar yang baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi tentang strategi belajar dan manajemen stress dalam belajar di masa pandemik pada siswa SMAN  1 Cerme, Gresik, Jawa Timur. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat pengaruh psikoedukasi terhadap tingkat stress dan manajemen belajar siswa dengan membandingkan kelompok yang mendapatkan psikoedukasi dengan kelompok yang tidak mendapatkan psikoedukasi. Partisipan dalam psikoedukasi tersebut terdiri dari beberapa siswa SMAN 1 Cerme sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan psikoedukasi dan beberapa siswa SMAN 1 Cerme sebagai kelompok control yang tidak mendapatkan intervensi psikoedukasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Wilcoxon Signed Rank Test. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran efektivitas psikoedukasi pada anak sekolah menengah atas.

 

Kata Kunci: Stress; Strategi belajar; Psikoedukasi.


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, S. (2020). Manajemen Stress Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Era Disrupsi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(2). doi:https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.7420

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta didik; Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Remaja Rosdakarya. Retrieved Maret 3, 2021

Fitriah, M. (2020, Mei 8). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Liputan6.com. Retrieved from https://m.liputan6.com/citizen6/read/4248063/opini-transformasi-media-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19

Gunanda, R., & Rahmayunita, H. (2020, April 16). Kuliah Online Saat Corona Picu Ketimpangan Akses Bagi Mahasiswa. Suara.com. Retrieved Maret 4, 2021, from https://www.suara.com/news/2020/04/16/130712/kuliah-online-saat-corona-picu-ketimpangan-akses-bagi-mahasiswa-miskin?page=all

HIMPSI. (2010). KODE ETIK PPSIKOLOGI INDONESIA. Hasil Kongres XI Himpsi (pp. 1 - 132). Surakarta: Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia. Retrieved Desember 8, 2020, from http://www.himpsi.org

Kemendikbud. (2020, Maret 17). Pembelajaran Secara Berani Dan Bekerja Dari Rumah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. SE Mendikbud. Retrieved Maret 4, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Kemenkes. (n.d.). 5 M DIMASA PANDEMI. (T. Alfarizi, Ed.) Pusat Analisis Determinan Kesehatan. Retrieved Maret 3, 2021, from http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2021/02/01/46/5-m-dimasa-pandemi-covid-19-di-indonesia.html

Kompas. (2020, November 13). 47 anak indonesia bosan dirumah, Akademisi IPB beri saran. Kompas.com. Retrieved Maret 4, 2021, from https://amp.kompas.com/edukasi/read/2020/11/13/162554571/47-persen-anak-indonesia-bosan-di-rumah-akademisi-ipb-beri-saran

Kompas. (2021, Maret 3). Update Corona di Dunia 3 Maret. (D. B. Baramasta, Ed.) Kompas. Retrieved Maret 3, 2021, from https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/03/091500265/update-corona-di-dunia-3-maret--10-negara-dengan-kasus-covid-19-tertinggi

Maramis, W. F., & Maramis, A. A. (2012). Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Berani Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. WJIT: Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160. Retrieved Maret 4, 2021, from https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jit/article/view/4067.

Purba, S. (2020). Tingkat Stress Pada Siswa Yang Bersekolah Dengan Media Daring Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Retrieved Maret 13, 2021, from http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/23485

Sarafino, E. P. (2008). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions sixth Edition. New Jersey: The College of New Jersey.

Satgas Covid-19. (2021, Maret 3). Update per 3 Maret 2021. Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Retrieved Maret 3, 2021, from https://covid19.go.id/p/berita/data-vaksinasi-covid-19-update-3-maret-2021


Article Metrics

Abstract view : 992 times | PDF view : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.