Penguatan Self-Care dalam Mengurangi Rasa Boredom Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring

Rahayu Sartika Dewi(1*), Farah Farida Tantiani(2),

(1) Fakultas Pendidikan Psikologi,Universitas Negeri Malang
(2) Fakultas Pendidikan Psikologi,Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self-care dalam mengurangi rasa stress pada mahasiswa selama pembelajaran daring.Jenis penelitian yang akan digunakan adalah metode survie tentang pengalaman mahasiswa dalam mengikuti kuliah daring atau pembelajaran daring dengan menggunakan kuisoner melalui google form yang akan disertai urain metode penelitian.Gambaran hasil penelitian akan dimenggunakan diagram serta hasil kuisoner yang akan dilakukan  dan implikasinya.Berikut hasil dari survie yang saya lakukan dengan 33 mahasiswa berbeda universitas. Hasilnya ada 87,9% (29 orang) merasa bosan selama pembelajaran  daring dan 9.1% (3 orang ) merasa tidak bosan selama pembelajaran daring. Jadi,selama pembelajaran daring sebanyak 29 mahasiswa merasakan bosan selama menghadapi kuliah online ini.

 

Kata Kunci: Boredom 1; Support  social System  2; Self-care 3.


Full Text:

PDF

References


Dari 5 Tipe Kebosanan ini,Anda Termasuk yang Mana?. (“https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2419573/dari-5-tipe-kebosanan-ini-anda-termasuk-yang-mana” 2013 )

Giorgi.A .What is boredom? (“https://www.healthline.com/health/boredom”. 2017)

The Huffington Post. Apathetic Boredom,Fifth Type Of Boredom,Identified By Researchers.(“ https://www.psychologicalscience.org/news/apathetic-boredom-fifth-type-of-boredom-identified-by-researchers.html “.2013)

Annisa.Pentingnya Self-Care dan Self-Love untuk Kesehatan Mental .( “https://student.binus.ac.id/2020/10/pentingnya-self-care-dan-self-love-untuk-kesehatan-mental/ “.2020)

Ormorod Jeanne.Ellis.( 2008).Eductional Psychology:Developing Learners,6th Edition .University of Northern Colorado (Emerita ).


Article Metrics

Abstract view : 817 times | PDF view : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.