Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas III Melalui Model Pembelajaran Kooper

Rahman _(1*), Muhammad Irfan(2), Muhammad Irfan(3),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v5i1.62347

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Papan Berpaku dapat meningkatkan keaktifan belajar Matematika siswa serta mengetahui penerapan model pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan keaktifan belajar Matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SD Inpres Btn Ikip II Kota Makassar. Subjek penelitian yaitu kelas III dengan jumlah siswa 11 orang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),  Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Papan Berpaku dengan 2 dengan 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklus adapun hasil yang didapatkan pada siklus I keaktifan belajar siswa yaitu 60,24% kategori cukup tinggi dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 83,24% kategori tinggi dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%


References


Mahayasa, I. D. M. (2023). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. 4, 85–92.

OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.

OECD. (2019b). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries. PISA 2009 at a Glance, I, 1–31.

Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006. (2006). Depdiknas. Menteri Pendidikan Nasional.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Vitasari, R., Joharman, & Suryandari, K. C. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendikia PGSD Kebumen.

Widyastuti, N. S., & Suprapti, S. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri Kotagede 3. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10212


Article Metrics

Abstract view : 12 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahman _, Muhammad Irfan, Muhammad Irfan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License