MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN TIPE MODEL PEMBELAJARAN TGT
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i2.55706
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Minat berlajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Team Game Tournamen. Metode yang digunakan untuk mendapatkaan data yaitu observasi dan dokumentasi, subjek penelitian peserta didik kelas X.8 SMAN 5 Bone sebanyak 31 dari 16 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan, mata pelajaran Biologi pokok bahasan Keanekaragaman Hayati. Pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Pada pembelajaran biasanya dilakukan dengan memberikan materi melalui ceramah kemudian diberi tugas sehingga peserta didik kurang tertarik dalam proses belajar. Berdasarkan hasil penelitian dengan tipe model Team Game Tournamen dengan mengintegrasikan gerakan viral TikTok dalam kegiatan pembelajaran, memberikan ketertarikan peserta didik dalam mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran. Pada penelitian pada siklus 1 minat belajar peserta didik telah mencapai indikator yaitu 64,2% dan pada siklus ke II menunjukkan adanya peningkatan pada peserta didik, berdasarkan lembar observasi kegiatan peserta didik diproleh angka persentase Minat yaitu 89,2% yang menunjukkan dalam kategori sangat aktif, begitu pula dengan kegiatan guru dalam menerapkan model pembelajaran Team Game Tournamen juga masuk kedalam kategori sangat baik yaitu 85,7%. Berdasarkan hasil yang didapat pada siklus II maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas X.8 SMAN 5 Bone dinyatakan berhasil.
Keywords
Minat Belajar, TGT, Biologi
Full Text:
PDFReferences
Achru, Andi P. 2019. Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Makassar:UIN Alauddin Makassar.
Salahuddin, Anas. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai standar Nasional.Yogyakarta: Penerbit Teras.
Fazar, I.2015. Pemanfaatan Aplikasi Geogebra dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas.Palembang.
Nur, M.2016. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Gaya Media.
Article Metrics
Abstract view : 118 times | PDF view : 42 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Amir pada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License