Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Adnan Adnan(1*), Latri Aras(2),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i2.52232

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Mata Pelajaran PKn pada  siswa kelas X Mipa 3. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn pada  siswa kelas X Mipa 3 SMAN 5 Enrekang Kabupaten Enrekang, kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada materi Wawasan Nusantara terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi penilaian hasil belajar, dan refleksi. Analisis data menggunakan analisis interaktif dan statistik deskriptif. Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining menggunakan tiga langkah yaitu: penyampaian materi, pembentukan kelompok, dan siswa (facilitator) menjelaskan materi kepada siswa lainnya. Hasil tes siklus I berada pada kategori cukup (C) dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa proses dan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di kelas X Mipa 3  SMAN 5 Enrekang  Kabupaten Enrekang dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining mengalami peningkatan

Kata Kunci :Hasil Belajar, Student Facilitator And Explaining


Full Text:

PDF

References


Asyafah, A. 2019. “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian-Kajian Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal of islamic education 6(10): 22.

Batin, W., & Arifin, M. Z. (2022). Penerapan Model Penerapan Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa XI IPS 2 SMA Negeri. 3, 709–726.

Depdiknas. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Djamarah, Syaiful bahri dan zain, A. (2020). startegis belajar mengajar.Rineka Cipta.

Hasil, M., & Ipa, B. (2022). Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk.8(4),1483 1488.https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.36(Kunandar, 2014)98

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar.h 228

Hutauruk, P., & Simbolon, R. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba.” School Education Journal 8(2): 112.

Gasong, Dina. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Gusnaldi, Eka. 2019. Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan: Perdana Publisher

Kunandar. (2014). langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. PT Rajagrafindo persada.

Lutfin, N., & Fansury, A. H. 2020. “The Implementation of Students Facilitator and Explaining Model Through Video Blog (Vlog) To Enhance Speaking Skill.Exposure.” Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris 9(2): 391 402. https://doi.org/10.26618/exposure.v9i2.4335.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasyid, E.A., Diasty, N.T. 2020. “Tiga Ranah Taksonomi Dalam Pendidikan.” Jurnal Edukasi Sains 2(1): 132–39.

Murtiningsih, M. 2018. “Implementation of Student Facilitator And Explaining Model To Support The Active, Innovative and Enjoyable Learning in Social Science Learning in 2013 Curriculum-Based Elementary School.” 244(Ecpe): 137–140. https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.29.

Mustikasari, I., Tika Damayani, A. 2019. “Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE).” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(3): 303–309.

Mustikasari,Supandi Aries. 2019. “Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis.” Jurnal ilmiah sekolah dasar 2(2): 305

Muayydatiddieny, F., Fauzi, A., & Rahardjo, D. T. (2021). Peningkatan hasil belajar pengetahuan gravitasi melalui model student fasilitator and explaining pada siswa kelas x ips 2. 3(2).

Ningsih, M., & Setiawan, D. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui model student facilitator and explaining berbantuan media rotar. 74–79.

Octavia , A, S. 2020. Model-Model Pembelajaran. deepublish Publisher.

Paris, S., Jusmawati, Alam, S., Jumliadi, Arsyam, M. 2021. “Upaya Peningkatan Prestasi Belaja Siswa Melalui Model Kooperatif Dengan Pendekatan Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar.”Bina Gogik:Jurnal 8(1):101 108.https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/63

Rahman, T. 2019. Aplikasi Model-Model Pembelajaran Dalam Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka cipta.

Subair, A., Lukman, & Shalini. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Rabbi Radhiyya Curup. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19, 1497–1508. http://e-theses.iaincurup.ac.id/426/

Syam, H. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 256 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 adnan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License