Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Kemampuan Menulis Paragraf Pada Siswa Kelas Xii Ips1 Sma Negeri 4 Bantaeng
(1) SMA Negeri 4 Bantaeng
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.48596
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: Asah Asih Asuh
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Enre, Fahruddin Ambo. 1994. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: IKIP UjungPandang.
Ghony, Djunaedi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang : UIN-Malang Press.
Ginnis. Paul. 2008. Trik dan Taktik dalam Mengajar. Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.
Ibrahim. 2003. Pembelajaran dengan Pendekatan Kooperatif. Makalah Disajikan pada Diklat Instruktur Guru Bahasa Indonesia di PPPG Bahasa Jakarta.
Keraf, Gorys. 1998. Komposisi. Flores: Nusa Indah
Lie, Anita, 2002. “Cooperative Learning”: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nurgiantoro, Burhan. 2003. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Slavin, Robert E. Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktik.Jakarta: Nusa Media.
Sujito. 1986. Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Remaja Karya.
Tarigan. H.G. 1992. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiriaatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya
Article Metrics
Abstract view : 29 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurhayati Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License