Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Kemampuan Menulis Paragraf Pada Siswa Kelas Xii Ips1 Sma Negeri 4 Bantaeng

Nurhayati Nurhayati(1*),

(1) SMA Negeri 4 Bantaeng
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.48596

Abstract


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Kemampuan Menulis Pragraf pada Siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 4 Bantaeng. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Kemampuan Menulis Pragraf pada Siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 4 Bantaeng. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS1SMA Negeri 4 Bantaeng sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tugas mengejakan soal-soal secara berkelompok serta tes hasil belajar siswa.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Tingkat penguasaan materi ajar  siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 4 Bantaeng pada tes akhir siklus I dengan nilai rata-rata pada siklus I 62,52 dengan kategori tinggi dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 80,20 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 4 Bantaeng pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Keywords


Hasil Belajar, Jigsaw, Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: Asah Asih Asuh

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Enre, Fahruddin Ambo. 1994. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: IKIP UjungPandang.

Ghony, Djunaedi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang : UIN-Malang Press.

Ginnis. Paul. 2008. Trik dan Taktik dalam Mengajar. Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.

Ibrahim. 2003. Pembelajaran dengan Pendekatan Kooperatif. Makalah Disajikan pada Diklat Instruktur Guru Bahasa Indonesia di PPPG Bahasa Jakarta.

Keraf, Gorys. 1998. Komposisi. Flores: Nusa Indah

Lie, Anita, 2002. “Cooperative Learning”: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurgiantoro, Burhan. 2003. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slavin, Robert E. Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktik.Jakarta: Nusa Media.

Sujito. 1986. Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Remaja Karya.

Tarigan. H.G. 1992. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wiriaatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurhayati Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License