Pengaruh Kepercayaan Interpersonal terhadap Pengungkapan Diri pada Remaja Akhir pengguna Media Sosial Instagram

Nurul Misykatin D Idham(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i2.48238

Abstract


Remaja akhir merupakan masa pencarian jati diri yang memerlukan hubungan sosial yang luas dan kebutuhan meningkatkan relasi sosial untuk mengekspresikan diri dengan melakukan pengungkapan diri. Dalam membangun suatu hubungan juga diperlukan rasa kepercayaan interpersonal antar individu. Pengungkapan diri melalui media sosial memudahkan remaja untuk berinteraksi, namun tidak jarang remaja mengungkapkan diri secara berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan interpersonal terhadap pengungkapan diri pada remaja akhir pengguna media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden 400 remaja akhir berusia 18-21 tahun yang menggunakan Instagram dengan akun publik. Alat ukur pengungkapan diri yaitu skala yang disusun oleh Andri (2017), sedangkan alat ukur kepercayaan interpersonal yaitu skala yang disusun oleh Toyyebah (2017). Hasil uji lineritas yang diperoleh sebesar p=0,200, maka asumsi normalitas terpenuhi. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dengan hasil nilai Sig. 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan maka hipotesis diterima dan terdapat pengaruh kepercayaan interpersonal terhadap pengungkapan diri pada remaja akhir pengguna media sosial Instagram.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 336 times | PDF view : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Misykatin D Idham

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License