MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII3 MTs NEGERI GOWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)
(1) MTsn Gowa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i1.47254
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas VII MTs Negeri Gowa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Adapun hasil yang diperoleh yaitu terjadinya penignkatan pada siswa kelas VII dari siklus 1 ke iklus 2 sebesar 75,4% sehingga siswa yang dulunya hanya menggunakan model pembelajaran tradisional dapat meningkat dengan tindakan yang dilaksanakan pada peneltiin ini. Begitu juga dari hasil analsisi data dan tangggapan siswa diperoleh nilai maksimal yang cukup tinggi. Dari beberapa tes per siklus dan observasi kelas terlihat dari tindakan yang dilansanakan cukup berhasil. Sehingga dengan Model pembelajaran kooperatif tipe Nht hasil belajar siswa kelas VII 3 MTsn Gowa dapat meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. 1987. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Adinawan, M. Cholik dan Sugiono. 2005. Mateamtika Untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama.
Bandung: Erlangga.
Dimiyanti & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu
Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemem Penduidikan dan
Kebudayaan.
Djumanta, Wahyudin. 2005. Mari Memahami Konsep Matematika Untuk Kelas VII Sekolah
Menengah Pertama/Madrasah Tsanwiyah. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Haling, A. 2006. Belajar Pembelajaran. Makassar: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
fakultas Ilmu Pendidikan UNM.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Ibrahim M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.
Program Pascasarjana UNESA.
Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong. Surabaya : CV. Citra Media.
Nur, Muhammad. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam
Pengajaran. Universitas Negeri Surabaya
Nurjannah. 2004. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif
dengan Pendekatan Struktural. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya : UNESA Sahabuddin, 1999. Mengajar dan Belajar. Makassar : UNM.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Article Metrics
Abstract view : 59 times | PDF view : 15 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wahida Jamaluddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License