MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII3 MTs NEGERI GOWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)

Wahida Jamaluddin(1*),

(1) MTsn Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i1.47254

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas VII MTs Negeri Gowa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Adapun hasil yang diperoleh yaitu terjadinya penignkatan pada siswa kelas VII dari siklus 1 ke iklus 2 sebesar 75,4% sehingga siswa yang dulunya hanya menggunakan model pembelajaran tradisional dapat meningkat dengan tindakan yang dilaksanakan pada peneltiin ini. Begitu juga dari hasil analsisi data dan tangggapan siswa diperoleh nilai maksimal yang cukup tinggi. Dari beberapa tes per siklus dan observasi kelas terlihat dari tindakan yang dilansanakan cukup berhasil. Sehingga dengan Model pembelajaran kooperatif tipe Nht hasil belajar siswa kelas VII 3 MTsn Gowa dapat meningkat.


Keywords


NHT, hasil belajar, matematika, kooperatif

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1987. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Adinawan, M. Cholik dan Sugiono. 2005. Mateamtika Untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama.

Bandung: Erlangga.

Dimiyanti & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu

Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemem Penduidikan dan

Kebudayaan.

Djumanta, Wahyudin. 2005. Mari Memahami Konsep Matematika Untuk Kelas VII Sekolah

Menengah Pertama/Madrasah Tsanwiyah. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Haling, A. 2006. Belajar Pembelajaran. Makassar: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

fakultas Ilmu Pendidikan UNM.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Ibrahim M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

Program Pascasarjana UNESA.

Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong. Surabaya : CV. Citra Media.

Nur, Muhammad. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam

Pengajaran. Universitas Negeri Surabaya

Nurjannah. 2004. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif

dengan Pendekatan Struktural. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Ratumanan, Tanwey Gerson. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya : UNESA Sahabuddin, 1999. Mengajar dan Belajar. Makassar : UNM.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahida Jamaluddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License