MEDIA SMART CAR GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI ANAK USIA DINI
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i1.46355
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatan kemampuan numerasi anak usia dini 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mowewe Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini Menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan rnengikuti langkah-langkah model ADDIE (a) Analisis, (b) perencanaan, (c) pengembangan, (d) lmplementasi, (e) evaluasi. Penelitian ini mengambil sampel peserta didik 5-6 tahun sebanyak 15 Anak didik. Hasil yang didapat adalah sangat baik dengan rata-rata 3,6 dan persentase 89,5%.
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.
Asmawati, Luluk dkk. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hartati, N.P.E. 2014. Penerapan Metode Bermain Berbantuan Pancing Mangnet Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 di TK Santa Maria Singaraja Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Jurusan PG PAUD FIP Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Ke/as Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Izzaty, Eka R. 2005. Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi: Jakarta.
Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Grasindo.
Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Seko/ah Dasar. Surabaya: UNS
Kusmayanto. 2006. Menyikapi Bencana Alam Niteni, Niroake dan Nambahake. Online: http://>ww.hariankompas.com. Edisi 16 Juni 2016. Diakses 15 April 2018.
Mariyana, Rita., dkk. 2010. Penge/olaan Lingkungan Be/ajar. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.
Roopnarine, Jaipul L dan James E Johnson. 2011. Early Childhood Education Edisi Kelima. Kencana Prenada Media Group: Jakarta. 448 hlm. Diterjemahkan oleh Sari Narulita.Megawati,(2018). Pengembangan model pembelajaran luar ruangan (Outdoor Learning) pada Anak Usia Dini. UNM.
Syarifah Halifah,(2017). Pengembangan model bermain peran makro berbasis audio Visual Untuk meningkatkan keterampilan sosial. UNM.
Dewi Purnamasari yusuf,(2022). Pengembangan media pembelajaran materi pola lantai gerak tari berbasis Smart Apps Creator.UHO.
Asykur,(2018). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator pada mata pelajaran Al-Quran hadist untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTS Negeri 2 Lamongan.UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
FIP UNM,(2019). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa PPs UNM.
Aunurrahman,(2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.
Bloom Benjamin,(1981). Taxonomy of Education Objectives:Book Cognitive Domain New York:Longman.
Gagne,Robert,Briggs,Leslie,Walter,Wage.(1979). Principle of Instructional Design. New York: Harcount Brace Jovanovich Publisher.
Krishananto,(2009). Hasil belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Mulayana,(2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alfira rauf,(2021. Pengembangan media pembelajaran Smart Apps Creator di Smpn 12 bulukumba. Tesis. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ooper A. (2015). Alam dan lingkungan belajar luar ruangan: Sumber daya yang terlupakan dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Internasional Pendidikan Lingkungan Anak Usia Dini, 3(1):85–97.
Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Jakarta. Materi Pendukung Literasi Numerasi
urpura, DJ, Hume, LE, Sims, DM, & Lonigan, CJ (2011). Literasi Awal dan Numerasi Awal: Nilai Memasukkan Keterampilan Literasi Awal dalam Prediksi Perkembangan Numerasi. Jurnal Psikologi Anak Eksperimental, 110, 647–658.
Article Metrics
Abstract view : 166 times | PDF view : 43 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hasrawati Hasrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License