MEDIA SMART CAR GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI ANAK USIA DINI

Hasrawati Hasrawati(1*), Usman Bafadal(2), Azizah Amal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i1.46355

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk  Meningkatan kemampuan numerasi anak usia dini 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mowewe Kabupaten Kolaka Timur.  Penelitian ini Menggunakan  jenis penelitian    Research  and  Development   dengan  rnengikuti  langkah-langkah  model  ADDIE   (a) Analisis, (b) perencanaan, (c) pengembangan,    (d) lmplementasi,  (e) evaluasi.  Penelitian   ini  mengambil   sampel peserta  didik 5-6 tahun sebanyak 15 Anak didik. Hasil  yang didapat  adalah sangat  baik  dengan  rata-rata  3,6  dan  persentase 89,5%.   


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.

Asmawati, Luluk dkk. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hartati, N.P.E. 2014. Penerapan Metode Bermain Berbantuan Pancing Mangnet Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 di TK Santa Maria Singaraja Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Jurusan PG PAUD FIP Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Ke/as Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Izzaty, Eka R. 2005. Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi: Jakarta.

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Grasindo.

Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Seko/ah Dasar. Surabaya: UNS

Kusmayanto. 2006. Menyikapi Bencana Alam Niteni, Niroake dan Nambahake. Online: http://>ww.hariankompas.com. Edisi 16 Juni 2016. Diakses 15 April 2018.

Mariyana, Rita., dkk. 2010. Penge/olaan Lingkungan Be/ajar. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Roopnarine, Jaipul L dan James E Johnson. 2011. Early Childhood Education Edisi Kelima. Kencana Prenada Media Group: Jakarta. 448 hlm. Diterjemahkan oleh Sari Narulita.Megawati,(2018). Pengembangan model pembelajaran luar ruangan (Outdoor Learning) pada Anak Usia Dini. UNM.

Syarifah Halifah,(2017). Pengembangan model bermain peran makro berbasis audio Visual Untuk meningkatkan keterampilan sosial. UNM.

Dewi Purnamasari yusuf,(2022). Pengembangan media pembelajaran materi pola lantai gerak tari berbasis Smart Apps Creator.UHO.

Asykur,(2018). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator pada mata pelajaran Al-Quran hadist untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTS Negeri 2 Lamongan.UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

FIP UNM,(2019). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa PPs UNM.

Aunurrahman,(2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Bloom Benjamin,(1981). Taxonomy of Education Objectives:Book Cognitive Domain New York:Longman.

Gagne,Robert,Briggs,Leslie,Walter,Wage.(1979). Principle of Instructional Design. New York: Harcount Brace Jovanovich Publisher.

Krishananto,(2009). Hasil belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Mulayana,(2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alfira rauf,(2021. Pengembangan media pembelajaran Smart Apps Creator di Smpn 12 bulukumba. Tesis. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ooper A. (2015). Alam dan lingkungan belajar luar ruangan: Sumber daya yang terlupakan dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Internasional Pendidikan Lingkungan Anak Usia Dini, 3(1):85–97.

Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Jakarta. Materi Pendukung Literasi Numerasi

urpura, DJ, Hume, LE, Sims, DM, & Lonigan, CJ (2011). Literasi Awal dan Numerasi Awal: Nilai Memasukkan Keterampilan Literasi Awal dalam Prediksi Perkembangan Numerasi. Jurnal Psikologi Anak Eksperimental, 110, 647–658.


Article Metrics

Abstract view : 166 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasrawati Hasrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License