Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA1 SMA NEGERI 5 Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)

Ilyas Ilyas(1*),

(1) SMA Negeri 5 Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45488

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 5 Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 5 Bulukumba sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan setelah pemberian tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata- rata hasil belajar Biologi siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 5S Bulukumba setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siklus pertama adalah 58,70 berada dalam kategori sedang dan pada siklus ke kedua adalah 73,57 berada dalam kategori tinggi (2). Ketuntasan Hasil belajar Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 5 Bulukumba pada siklus I terdapat 21 orang yang berada dalam kategori tidak tuntas dan 9 siswa yang berada dalam kategori tuntas sedangkan pada siklus II ada 3 siswa berada dalam kategori tidak tuntas dan 27 siswa dalam kategori tuntas, (3) Melalui model pembelajaran kooperatif dengan tipe NHT (Numbered Heads Together) membawa dampak positif terhadap perubahan sikap siswa yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar, kerajinan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas meningkat serta kerja sama antar siswa dapat terbina dengan baik, dan (4) Secara umum dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Hasil Belajar, NHT, Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1994. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara. Alwi, Hasan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Handayani. 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan NHT (Numbered Heads Together). Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Haling. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM.

Hudoyo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Biologi. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Haling, A. 2006. Belajar Pembelajaran. Makassar: Jurusan Kurikulum dan Teknologi

Pendidikan fakultas Ilmu Pendidikan UNM.

Ibrahim, Muslimin. Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa- University Press. Nur, Muhammad.2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Kontstruktivis

Dalam Pengajaran.Surabaya: Unesa-University Press.

Nurhadi. Dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: IKIP

Malang.

Nurhayati. 2004. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode

STAD. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Pasaribu. dkk. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Parera, Daniel. 1996. Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta:

Grasindo.

Paddupai, Darwing. 1999. Eksponen vol. 1 no. 3. Makassar: FMIPA UNM.

Suharto, Bahar. 1997. Pendidikan dan Tekhnik Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Tarsito.

Suherman, Erman Dkk. 2003. Strategi pembelajaran Biologi kontenporer. Bandung:

Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjatmiko, Ponco. 2004. Biologi Kreatif Konsep dan Terapannya. Solo: Tiga Serangkai.


Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ilyas Ilyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License